4 Gangguan ini Bakal ada di Ramadhan 2018

4 Gangguan ini Bakal ada di Ramadhan 2018

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Tidak lama lagi kita akan kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat muslim. Mengapa istimewa? Karena bulan ini adalah bulan yang penuh ampunan, dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa agar dosa-dosanya dihapuskan dan kelak mendapat derajat di hadapan Allah Swt sebagai hambanya yang bertakwa.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, tentunya banyak sekali persiapan yang kita lakukan agar suasana Ramadhan semakin terasa. Mulai dari membeli minuman khas bulan puasa, membeli baju baru, dan tentunya puasa sunnah sebagai latihan berpuasa. Tetapi, di tengah-tengah bulan puasa, tentu banyak gangguan yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa kita. Namun kita sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, sehingga sebagai manusia ada baiknya untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan. Nah mungkin beberapa gangguan inilah yang nanti akan ada di bulan Ramadhan tahun ini.

1. Iklan makanan/minuman

puasa ramadhan

puasa ramadhan

Iklan, boleh jadi diantara kita lebih suka untuk mengganti channel TV atau melewati iklan Youtube karena iklan yang durasinya tidak dapat diprediksi, seperti contohnya iklan pada saat tayang sinetron tentu berbeda dengan breaking news. Tetapi, mungkin di bulan Ramadhan, iklan makanan/minuman menjadi hal yang dapat menjadi tayangan yang mesti dihindari karena dapat mempengaruhi pahala puasa agan, apalagi ketika siang hari.

puasa ramadhan

puasa ramadhan

2. Konten dewasa
Puasa melatih diri kita untuk selalu dapat menahan hawa nafsu terhadap lawan jenis, yakni dengan menundukkan pandangan, selalu beristigfar dan selalu mengingat-Nya, serta berpikir positif. Adakalanya, ketika kita membuka media sosial, sering kita menemui segala hal yang berbau vulgar, baik dalam bentuk gambar, teks, maupun video. Hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa kita, bahkan bisa jadi puasa kita ikut batal karenanya

puasa ramadhan

puasa ramadhan

3. Teman yang tidak berpuasa
Teman yang baik tentu selalu mengajak kepada kebaikan, namun bukan berarti kebaikan selalu merujuk kepada hal positif. Ada kalanya menjadi negatif apabila diiringi dengan hal yang menyimpang pada saat tertentu. Seperti halnya jika ada teman yang tidak berpuasa dan dia mengajak agan untuk makan bareng, padahal dia tahu pada saat itu kita sedang berpuasa dan tidak ada yang tahu dari kita sedang berpuasa selain diri kita sendiri dan Allah. Ada baiknya kita dapat menolak tawaran tersebut dengan cara yang baik dan santun tanpa menjelek-jelekkan orang tersebut.

puasa ramadhan

puasa ramadhan

4. Berita hoax
Berita menjadi hal yang selalu ada di sekitar kita. Selain bertujuan untuk memberikan informasi, berita pun juga tak luput untuk menjadi bahan gosip, fitnah, maupun ujaran kebencian. Dan tidak jarang kebanyakan dari kita cenderung membagikan hal tersebut tanpa klarifikasi dari pihak yang berwenang, baik dari si pembuat maupun badan yang berwenang. Tak jarang berita bohong ini digunakan untuk memicu perselisihan di antara kelompok masyarakat dan hanya menguntungkan pihak tertentu. Jika menjumpai berita yang ‘wah’, ada baiknya kita mengklarifikasikan kebenaran informasi tersebut agar tidak menjadi suatu penyesalan di kemudian hari.

Mungkin Tips Berpuasa Ini bisa jadi pegangan selama di bulan ramadhan
1. Perbanyak mengingat kepada Allah, dengan memperbanyak ibadah sunnah, selain ibadah wajib tentunya.
2. Sibukkan diri dengan hal-hal yang positif dan mendatangkan pahala, contohnya membaca buku , mendengarkan ceramah, atau membaca Al-Qur’an.
3. Bergaul dengan orang-orang sholeh.
4. Kurangi membuka media sosial bila terasa kurang bermanfaat.
5. Introspeksi Diri

Mudah-mudahan kita dapat bertemu di bulan Ramadhan tahun ini dan dapat dengan khusyuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *