Ada Hantu dan Becak Cina di Cap Go Meh at Kampoeng Kapitan.

Ada Hantu dan Becak Cina di Cap Go Meh at Kampoeng Kapitan.

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Halo Koko-Cici, udah pada kemana aja kalo lagi ngerayain Cap Go Meh? Sayang banget kalo ngelewatin acara yang satu ini. Apalagi kalo bukan perayaan Cap Go Meh at Kampoeng Kapitan. Wah, bukannya rumah peninggalan Tjoa Ham Hin ini merupakan cagar budaya yang seolah ‘dicuekin’ pemerintah?

Eits, jangan salah. Kini, Kampoeng Kapitan udah bersolek sedemikian rupa, lho. Dua rumah peninggalan Dinasti Ming ini kini dipugar kembali, demi tetap menjaga kelestarian budaya Tionghoa. Rumah dipugar tanpa menghilangkan bentuk dan keaslian warisan budaya, begitu pula dengan warna rumah yang dicat persis aslinya.

Sementara, ruang ibadah di dalam rumah, tertata rapi, lho. Jangan salah, selain ruang ibadah, ada juga kamar pengantin khas Tionghoa, dan ruang benda klasik tempat menyimpan berbagai benda peninggalan seperti alat musik, uang Cina kuno hingga sepeda ontel tua.

Nah, balik lagi ngomongin acara yang berlangsung disini hingga besok, Jumat (2/3), seru banget lho. Selain spot foto yang kece abis, disini juga ada penyewaan baju Hanfu atau pakaian tradisional khas Tionghoa, lho. Ada juga spot foto dengan Becak Cina atau Rickshaw. Keren gak, tuh?

Menariknya lagi, semua tenand makanan, hingga beragam spot foto yang ditawarkan, bayarnya pake uang Kapitan, lho! So, buat para pengunjung, kalo mau nyewa Hanfu, kudu tukerin dulu uang rupiah ke uang Kapitan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani bilang, ini merupakan langkah awal dalam membuka destinasi wisata baru di Kota Palembang. “Kita tahu sejarah Kampoeng Kapitan, dan wrisan budaya yang sangat bernilai seperti ini. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya event ini, bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini,” ungkapnya.

Menurut salah seorang pengunjung, Ida (39), berkunjung ke Kampung Kapitan ini ada keseruan tersendiri. Apa aja sih?

“Iya, tenant makanan banyak, jadi gak usah khawatir bakal kelaperan abis keliling rumah cagar budaya ini. Selain itu, ternyata rumahnya udah bagus banget, gak kayak dulu. Kalo bisa event begini rutin ya, biar tambah banyak destinasi wisata di kota ini,” ujarnya senang.

Masih ada satu hari lagi event Cap Go Meh at Kampoeng Kapitan, yakni hingga Jumat (2/2) besok. So, jangan sampe kelewatan ya! Yuk ah berburu kuliner hingga foto kece disini, dijamin instagramable! (Nanda Nasrullah/18)

Your email address will not be published. Required fields are marked *