Asian Triathlon Championship 2017, weekend Jakabaring ditutup lho!

Asian Triathlon Championship 2017, weekend Jakabaring ditutup lho!

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Mau lihat atlet ganteng dan cantik dari seluruh dunia, berkompetisi di kota Palembang, sok tontonin aja ajang olahraga internasional Asian Triathlon Championship (ASTC) 2017 yang sudah resmi digelar di kompleks Jakabaring Sport City, Jumat (21/7). Gelaran ini diikuti sebanyak 25 negara dan 12 negara sebagai tim peninjau lho, dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin didampingi Presiden International Triathlon Union Mrs Marisol Casado dan Presiden ASTC Mr Justin Sukwon Park.

Pertandingan hari pertama sendiri mempertandingkan kelas junior, U23 dan elite women ini diikuti 69 peserta. Baik peringkat pertama sampai peringkat ketiga seluruhnya dimenangkan oleh tim Jepang lho. Wow! Lomba yang dimulai dengan renang sepanjang 1,5 kilometer di venue dayung disambung dengan bersepeda menempuh jarak 40,7 kilometer (6 lap) dan lari menempuh jarak 10,3 kilometer (4 lap).

Tuh, persaingan ketat terjadi antara peserta dari negara Jepang di tiga nomor pertandingan sejak start dimulai. Untuk kategori elite yang menjadi tercepat dengan catatan waktu 02.06.31 menit diselesaikan atlet asal Jepang yaitu Yuko Takahashi yang start awal diurutan 1, disusul kompatriotnya diurutan kedua Aoi Kuramoto dengan catatan waktu 02.07.21 dan urutan ketiga Sena Takahashi dengan catatan waktu 02.07.50.

Sedangkan kategori U23, lagi-lagi Jepang mendominasi nih, ketiga atletnya berhasil menempati podium dengan catatan tercepat 02.08.36 yaitu Hiraku Fukuoka, urutan kedua Nina Kishimoro dengan catatan waktu 02.12.27 dan urutan ketiga Sumiro Ohara dengan catatan waktu 02.13.06.

Di kelas junior women, kembali Jepang menempati ketiga podium juara, adalah Fuka Sega yang tercepat dengan waktu 01.05.43, urutan kedua Chisaki Matsui dengan waktu 01.06.03 dan urutan ketiga dengan catatan waktu 01.06.09 diraih Sarika Nakayama.

Triathlon, lomba antar bangsa se-Asia akbar 10 tahun terakhir

Sementara, Presiden International Triathlon Union (ITU), Marisol Casado mengungkapkan, bahwa gelaran Triathlon tingkat Asia yang digelar di Palembang berjalan sukses. Ia berharap dengan menjadinya Palembang sebagai tuan rumah kedepannya bisa menghelat kejuaraan dunia.

Presiden Triathlon Indonesia, Mark Sungkar menjelaskan, lomba antar bangsa se-Asia ini merupakan gelaran yang paling akbar selama 10 tahun terakhir lho. Hal itu gak terlepas dari peran Gubernur Alex Noerdin yang menyanggupi perhelatan akbar dilaksanakan di Palembang.

“Palembang sebagai tuan rumah setelah kita mengalahkan Jepang, tawaran menjdi tuan rumah langsung diambil oleh Sumsel karena memiliki arena berstandar internasional,” jelas Mark.

Dia menerangkan, peserta yang berpartisipasi diantaranya negara Indonesia, Jordania,Uzbekistan,Hongkong,Malaysia,China Taipei, Singapura, Bangladesh,India, Jepang, Korea Selatan, Philipina. Kemudiaan Kazastan, Maccau, Iran, Palestina, Bahrain, Thailand, China, Srilanka, Afganistan, Syria dan Mongolia.

Sedangkan12 negara yang hanya akan mengirimkan delegasi sebagai peninjau yaitu Kamboja, Irak, Kuwait, Kyrgistan, Lebanon, Maldiv, Nepal, Myanmar, Oman, Qatar, Vietnam dan Pakistan.

“Diharapkan pada tahun 2019 di Palembang akan kembali menggelar lomba tingkat dunia dan World Championship, di tahun 2020,” ungkapnya.

So, kalo pada mau nontonin event olahraga ini, jangan lupa liat jadwal buka tutup jalan ya, yakni di Jalan Gubernur H Bastari mulai dari Simpang Tugu Parameswara hingga Simpang Pasar Induk Jakabaring, mulai jam 6 pagi hingga jam 11 siang.

(Foto dan Teks : RuL/JuDO/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *