Bakal ada homestay di pusat kerajinan kain tenun Tuan Kentang

Bakal ada homestay di pusat kerajinan kain tenun Tuan Kentang

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Kota Palembang makin tersohor aja. Apalagi udah berkali-kali dipercaya menyelenggarakan event besar, baik skala nasional maupun internasional. Seiring dengan semua itu Palembang terus bersolek. Gak sebatas penampilan fisik dari hari ke hari makin menarik, tapi destinasi wisatanya juga gak kalah memikat.

So, kalo sobat berkunjung ke Palembang, akan didapati banyak objek wisata baru. Mulai dari lokasi pertunjukan seniman jalanan di Pendestrian Sudirman Walk, Kampung Warna-Warni, hingga Kampung Kain Tenun di kawasan Tuan Kentang Seberang Ulu I.

Ngomongin kerajinan asli wong kito galo, gak kalah dengan kain-kain dari daerah lain. Gak percaya? Buktiin aja ke Griya Kain Tenun Tuan Kentang atau di kawasan sekitar, banyak produksi kain-kain khas palembang yang udah diakui kualitasnya, bahkan pesohor negeri ini, mulai Presiden, hingga artis udah wara-wiri ke pusat kerajinan tersebut.

Nah, agar makin beken, kampung kain kudu ditata dan dilengkapi dengan falisitas pendukung dong ya, antara lain homestay dan cafe. Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung gak kesulitan cari tempat bermalam, beristirahat dan bersantai. Terlebih posisi kampung itu, berada di tepian suangi Ogan atau anak Sungai Musi yang menambah nilai plus objek wisata baru ini.

Gak heran, kalo Kementerian Periwisata tertarik untuk mengambangkan potensi wilayah ini. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi, Dadang Rizki Rahman, dalam kunjungannya d pusat kerajinan kain tenun Tuan Kentang, Jum’at (16/06).

“Kementerian wisata akan bantu promosi. Apalagi jika ada Home Stay yang tepat berada di pingiran sungai Ogan merupakan anak sungai Musi dipastikan akan lebih menarik wisatwan,” jelasnya.

Diakuinya, jika pusat kerajinan kain tenun di daerah Tuan Kentang Seberang Ulu Palembang, dapat menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung. Sehingga layak di jual ke kancah dunia sebagai destinasi wisata sungai baru.

“Griya Kain tenun di kawasan Tuan Kentang memiliki potensi berkembang, bukan hanya sebagai sentra kain tenun namun juga pengembangan wisata lainya dalam menarik wisatawan untuk berkunjung kawasan ini mengingat kawasan tuan kentang bisa dilalui via sungai,” ungkap Dadang, saat melihat proses pengelolahan Kain tenun kawasan Tuan Kentang.

Maka, lanjut dia, selain ide homestay, fasilitas lain pun harus dilengkapi. Misal, adanya Cafe untuk tempat wisatawan yang datang bisa santai dahulu ketika selesai berbelanja. “Bisa dipastikan akan memperkuat perekonomian masyarakat di kawasan Tuan Kentang ini,” ulasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani Mengatakan, mengatakan kedatangan Deputi Kemenpar RI ke kawasan Seberang Ulu I ini untuk melihat pengembangan pengrajin kain songket yang merupakan kerajinan asli Palembang. “Mereka sangat apresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kota Palembang dalam membantu masyarakat,” katanya.

Dibenarkan juga oleh Isnaini, kalo ketersediaan homestay di kawasan tersebut, baik oleh masyarakat sendiri maupun pemerintah dapat mendorong memajukan sektor wisata di daerah tersebut.

“Mereka tertarik untuk mengembangkan kawasan Tuan Kentang ini, yang tepat berada dibibir sungai, hal ini dirasa memiliki nilai lebih yang menarik wisatawan,” ungkapnya.

(Teks dan Foto : Ratih/Doc SS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *