Berwisata Heritage Ke Rumah Baba Ong Boen Tjit

Berwisata Heritage Ke Rumah Baba Ong Boen Tjit

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Mungkin banyak generasi “Zaman NOW” belum begitu mengenal apa sih itu Rumah Baba Ong Boen Tjit. Yap kali ini seputarsumsel mencoba sedikit mengulik sejarah rumah yang konon katanya nih udah berusia lebih dari 300 Tahun Genks. Waah…Waahh ini peninggalan sejarah loh, jadi sebagai generasi milenial kita juga kuda wajib tau sejarah karena seperti yang kita tahu kota Palembang juga dikenal banyak peninggalan sejarah karena dahulunya di sepanjang aliran sungai musi banyak saudagar dari negeri cina hilir mudik di tempat ini untuk berdagang bahkan mereka ada yang diangkat oleh pemerintah kolonial Belanda untuk menjadi pejabat setempat pada masa itu.

Rumah Baba Ong Boen Tjit ini adalah rumah salah seorang pengusaha terkenal keturunan peranakan di Palembang tempo dulu. Rumah Ong Boen Tjit berbentuk rumah khas Palembang namun dengan interior dan ornamen Tiongkok yang penuh filosofi. Rumah yang kini dihuni keturunan kedelapan dari Baba Ong Boen Tjit ini berada di Lorong Saudagar Yucing No. 55 RT 050 RW 002 Kel. 3-4 Ulu, Kecamatan Sebrang Ulu 1, tepat berada di tepian Sungai Musi.

Dalam upaya melestarikan juga mengenalkan kembali Rumah Baba Ong Boen Tjit kepada masyarakat luas khususnya nih bagi para generasi muda yang ada di Sumatera Selatan, Generasi Pesona Indonesia a.K.a Genpi Sumsel bakal mengelar kegiatan yang bertajuk Pasar Baba Boentjit yang akan dilaksanakan pada Minggu besok(26/11). Disini akan ada segudang kegiatan loh, mulai dari berbagai lomba seperti foto hunt, menulis blog, workshop, aneka jajanan pasar sampe beragam pertunjukan atraksi keren yang memadukan seni budaya kearifan lokal.

Nah untuk sampai kesini, kalian dapat menggunakan moda transportasi darat maupun sungai. Untuk jalur sungai, bisa menggunakan perahu ketek (perahu kecil) dari dermaga Benteng Kuto Besak, Pasar Sekanak, atau daerah Suro (Ulu Sungai Musi). Waktu tempuhnya sekitar 5-10 menit tergantung titik awal keberangkatan perahu. Atau kalau mau lebih jelas hari H nya dan mau Kepo alias stalking ria, bisa deh langsung cuss akun instagramnya @pasarbababoentjit. Sampe Jumpa disana ya gengks, siapa tau ntar kita bisa Hunt-Hunt kopdaran dan nambah sahabat disana sembari kulineran. Kode KAH ini ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *