Budaya pesta malem di Muba bakal dihapus!

Budaya pesta malem di Muba bakal dihapus!

0

Seputarsumsel.com – Muba,
Biasanya nih, pesta rakyat di daerah kabupaten, diselenggarakan hingga larut malam, bahkan seringkali sudah masuk waktu dini hari. Meski demikian, nyatanya pesta rakyat di Muba bakal dikurangi lho.

Tokoh Masyarakat Muba, Rusdi Usman menyatakan, pesta rakyat gak punya nilai kebaikan dan gak ada nilai seninya. Yang ada hanya menjadi tempat peredaran narkoba, maksiat dan kejahatan lainnya.

“Biarpun pahit dan banyak penolakan, saya selaku tokoh masyarakat menolak apabila pesta malam masih dilaksanakan, karena gak bermanfaat merusak akhlak dan moral generasi penerus dan sudah menyampingkan nilai-nilai agama”, ucapnya.

Ini yang ia sampaikan pada Rapat Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, tentang Pengaturan Pesta Rakyat yang dipimpin oleh Plh. Asisten III, Yudi Herzandi, di ruang rapat Randik, Rabu (13/9).

Tahu gak, dalam rancangan perda tentang pengaturan pesta malam, setiap orang, kelompok atau badan yang pesta rakyat dalam kabupaten Musi Banyuasin harus mendapatkan rekomendasi dari ketua RT, surat pengantar dari Lurah dn diteruskan kepada camat dan kepolisian dengan tembusan kodim. Sedangkan waktu penyelenggaraan pesta rakyat dimulai dari jam delapan pagi sampe jam enam sore doang lho.

Makanya, Plh. Asisten III, Yudi Herzandi mengatakan, pengendalian dan pembatasan waktu pesta rakyat perlu dilakukan, karena dalam kegiatan tersebut banyak sekali pelanggaran hukum yang terjadi seperti peredaran narkoba dan maksiat.

“Banyak yang menentang, katanya pesta malam itu adat yang sudah membudidaya namun kenyataan dilapangannya kami saksikan sendiri pesta malam menjadi latar belakang untuk melakukan perbuatan negatif tersebut”, ujarnya.

Ditambahkannya, pesta malam ditengah masyarakat telah bergeser dari nilai budaya. Bahkan, norma agama dan sosial juga gak lagi diperhatikan, namun berubah menjadi ajang narkoba dan maksiat. “Oleh karna itu perlu kita mengundang seluruh stakeholder terkait untuk mengatur waktu pesta rakyat”, katanya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *