Cetak E-KTP cuma butuh 3 menit. Beneran?

Cetak E-KTP cuma butuh 3 menit. Beneran?

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Haloo..warga Palembang, ada kabar baik nih, kalo selama ini buat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) harus dateng ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ya. Nah, sekarang ini, kalo mau buat KTP-El udah bisa di kecamatan lho. Bahkan dalam waktu tiga menit udah kelar, tapi ada syarat dan ketentuan berlaku, apa aja?

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan pelayanan di kecamatan ini untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat Palembang untuk mencetak KTP. “Kalo selama ini harus ke Disdukcapil, sekarang bisa di langsung ke kantor camat, dan pelayanan ini gak dipungut biaya. Namun pembuatan KTP di sini untuk KTP baru, bukan hilang atau ganti elemen. Yang hilang dan ganti elemen masih di Disdukcapil,” ungkapnya, Kamis (7/9).

Terlebih, cuma 3 menit KTP akan dicetak, namun dengan catatan, warga sudah melakukan perekaman, dan data perekaman sudah diterima oleh pusat. Sebab, secara teknis data dari kantor camat ini akan terhubung dengan Disdukcapil, dan dari Disdukcapil terhubung dengan pusat.

“Data dari sini ke Disdukcapil, baru ke pusat. Karena butuh waktu, proses itu gak bisa selesai dalam satu hari, harus menunggu hingga 15 hari. Setelah itu baru dicetak,” terangnya.

Meski demikian, proses tersebut jauh lebih singkat dari sebelumnya. Terlebih buat nyetak, cuma butuh tiga menit doang! “Kalo tiga menit selesai, jadi perkiraan sekitar 100-150 keping KTP dapat tercetak per harinya. Akan tetapi mesin itu tergantung suhu, kalo dingin harus dipanaskan, kalo kepanasan akan mati sendiri,” pungkasnya.

Sementara, Sekertaris Disdukcapil Kota Palembang, Santi Zahara menyebutkan, pihaknya telah mengajukan sebanyak 222.640 blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) ke pemerintah pusat lho, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mencapai 222 ribu dari 1.820 juta jiwa penduduk Palembang.

“Kita sudah melayangkan surat mengajukan permintaan dengan pemerintah pusat, tapi gak tahu akan dikasih berapa. Ini udah termasuk untuk kebutuhan warga di dua kecamatan baru yakni Kecamatan Jakabaring dan Kecamatan Ilir Timur III, yang mencapai 123 ribu keping.,” kata dia.

Trus, kalo permintaan itu terpenuhi, pihaknya akan mengutamakan 50 ribu PRR. Sebab, kebutuhan untuk PRR ini sangat mendesak. “Ini di luar KTP hilang atau perubahan elemen,” ujarnya.

Selain itu dengan penambahan pelayanan hingga di kecamatan akan mempercepat penanganan. Apalagi, proses percetakan KTP hanya butuh waktu tiga menit aja, dengan catatan telah melakukan perekaman, dan datanya sudah diproses hingga ke pusat. “Iya optimis, selama ini yang jadi kendala itu karena tidak ada blangko kalau memang akhir Oktober ini permintaan kita terpenuhi bisa,” ucapnya.

(Teks dan Foto : Ratih/JuDo/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *