Di Sumsel, perekaman E-KTP udah tinggal 10 persen lagi!

Di Sumsel, perekaman E-KTP udah tinggal 10 persen lagi!

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Kemarin, kita dihebohkan dengan sidak Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda terkait pendistribusian E-KTP yang gak jelas. Bahkan, Fitri pun nemuin banyak banget tumpukan E-KTP yang belum tersalurkan, padahal udah selesai proses pencetakannya.

Nah, proses pencatatan E-KTP ini juga terkait dengan proses perekaman datanya ya. Menurut catatan pihak Dukcapil Kemendagri RI, untuk perekaman E-KTP di Sumsel udah rampung sekitar 90 persen lho, per Juni 2017. Rampungnya perekaman ni dari target 5,8 juta pendidik wajib identitas. Ini dilakukan sebagai upaya pemuktahiran data berkelanjutan, demi menyiapkan hak pilih warga menjelabg Pilkada serentak 2018 mendatang.

Berhubung perekaman udah tinggal 10 persen lagi, otomatis Kemendagri juga terus menggenjot pendistribusian E-KTP ini, dengan menerapkan program Digitalisasi Semedi, atau Satu Hari Mesti Jadi. Wow!

Dan pemerintah optimis ini bisa berjalan lho, terutama di daerah yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 500 ribu orang, sebagai upaya percepatan pendistribusian dan meminimalisir penumpukan, seperti yang ditemukan Fitri ini.

Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakhrullah ngasih tahu ke masyarakat nih, katanya, blangko untuk pembuatan E-KTP di Sumsel itu sudah tercukupi. Beneran nih, Pak?

“Iya, di Sumsel tersedia blangko E-KTP, yakni masih sekitar 118 ribu buah lagi,” ungkapnya tegas, saat menghadiri Rapat Teknis Pembinaan Sumber Daya Aparatur Sipil, di Auditorium Bina Praja Palembang, Jumat (14/7).

So, buat menghadapi sulitnya pendistribusian E-KTP di beberapa daerah seperti Kabupaten 4 Lawang dan Kota Palembang, Mendagri mengistruksikan untuk membuka layanan hotline SMS lho.

“Saya berharap pendistribusian E-KTP ini bisa selesai hingga akhir tahun ini. Masyarakat juga bisa berperan aktif, supaya target 5,8 juta penduduk punya E-KTP bisa tercapai,” ungkapnya.

(Teks dan Foto : RuL/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *