Genks, bijaklah gunakan uang THR kamu ya!

Genks, bijaklah gunakan uang THR kamu ya!

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Gak nyampe seminggu lagi nih, udah lebaran aja. Artinya udah pada dapet uang Tunjangan Hari Raya (THR) kan? Kalo belom, sabar aja, mungkin bentar lagi. Buat sobat yang dompetnya udah tebel jelang hari raya ini, jangan “gelap mata”, liat mall banjir diskon, mau diembat semua.

Nah, biar gak ada cerita bokek abis lebaran, kamu harus pinter-pinter mengatur uang THR. Duh, gimana caranya ya? Ini dia tipsnya!

1. Rencanakan keuangan Hari Raya dari jauh-jauh hari

Mau ngasih ponakan uang atau hadiah lebaran untuk keluarga, beli baju baru, sepatu baru, kue lebaran atau mudik dan liburan bareng keluarga di hari lebaran, harus masuk dalam daftar perencanaan tahunan. Dengan begitu, kamu gak bakal mengandalkan THR dari tempat kerja doang, kalo tiap bulan kamu konsisten menyisihkan dari penghasilan untuk anggaran tahunan. Misal 5-10 bulan sebelumnya udah nabung, pas tiba Hari Raya Idhul Fitri kan tinggal panen. Eits, termasuk kebutuhan untuk mudik ya, harus disiapin jauh-jauh hari, kayak booking tiket jangan sampe dadakan tuh, biar dapet harga miring.

2. Buat daftar belanja

Kalo cara pertama belum di jalanin, sementara hari lebaran udah semakin dekat, kamu bisa pake tips kedua, yakni buat daftar belanja. Yup, fungsinya, supaya kamu belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Hal ini juga dilakukan supaya belanja bisa terkontrol.

3. Hemat

Ini kata yang gampang diucapkan, tapi perlu kesungguhan hati dalam menjalankannya. Apalagi jelang lebaran gini, godaan nafsu belanja emang lagi gede banget. Liat teman kantor atau tetangga pada berburu diskon baju, celana, sendal, toples, sembako, kue hingga make up buat hati terenyuh. Bukan terenyuh karena haru, tapi pingin ikut buruan belanja juga. Iya kan? Makanya, setelah membuat list belanja, giliran hati yang kudu dikuatin. Misal, kalo toples di rumah masih bagus, dan cukup, kamu gak perlu nambah toples baru. Walo di mall toples cantik dengan berbagai bentuk dan warna nangkring dengan harga yang menggoda, duh…. kuatkan hatimu ya!

4. THR hanya buat kebutuhan lebaran

Maksudnya, kalo bisa uang THR hanya digunakan untuk kebutuhan yang timbul untuk hari raya aja. Balik-balik ke perencanaan keuangan, jadi dana lain untuk kebutuhan sehari-hari selama ini, misal bayar listrik, PDAM, telpon, atau tagihan lain gak boleh pakai uang THR. Dengan begitu gak tercampur aduk, agar kamu lebih mudah mengaturnya. Sehingga uang gak habis begitu aja, cukuplah uang THR aja untuk lebaran, dan dari gaji bulanan atau penghasilan lain harus disisikan untuk ditabung. Maka, abis lebaran dompet gak kempes langsung.

5. Sedekah

Sedekah itu gak pernah bikin rugi. Gak percaya? Coba aja. Insya Allah akan menambah keberkahan buat hidup kamu. Lagi pula sedekah di bulan suci gede bingiiiit pahalanya. Sekaligus hal ini adalah salah satu cara untuk membersihkan harta lho.

(Teks dan Foto : Ratih/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *