Icip-icip kuliner kemerdekaan khas Palembang. Endeus semua lho!

Icip-icip kuliner kemerdekaan khas Palembang. Endeus semua lho!

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Haiii foodlovers di Palembang dan se-Indonesia, yang terkenal dari kuliner Palembang, gak cuma pempek aja dong ya. Kalian bisa hunting banyak kuliner lainnya terutama menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kuliner khas 17-an yang unik dan cuma ada di Palembang saja. Wah, ada apa aja sih? Intip yuk!

Ada tiga macam kuliner khas kemerdekaan asal Palembang, yakni Telok Ukan, Pindang Telok dan Lemper Jepit. Hm.. jangan ngaku orang Palembang deh kalo kalian blom nyicip makanan khas yang cuma muncul sejak awal Agustus sampe perayaan kemerdekaan setiap 17 Agustus aja.

Menurut juru masaknya nih guys, Telok Ukan ataupun Telok Pindang, harus dimasak dengan ketelitian. Sebab, Telok Ukan berbeda dengan telur rebus biasanya, lho. Gak cuma dicuci terus direbus ke dalam air mendidih saja.

Nih, kita kasih tau deh caranya. Telok Ukan merupakan telur yang dimasak dengan cara mengeluarkan isi telur dari cangkangnya terlebih dahulu. Setelah isinya dikeluarin, masukkan isi telur tadi ke dalam wadah berbeda, lalu isi telur kocok dengan beberapa bumbu seperti pandan dan bumbu rahasia lainnya.

Teruuss diapain lagi yaa? Nah genks, telur yang telah dibumbui tersebut dimasukan kembali ke dalam cangkang telur dan ditutup dengan tutup yang terbuat dari kayu gabus. Rebus deh sampe mateng.

Telok Pindang berbeda dengan Telok Ukan. Kata pindang sudah gk asing lagi sebagai kata kunci kuliner di Sumatera Selatan khususnya Palembang ya guys. Telok pindang merupakan telur rebus yang direbus dengan cara dipindang. Bumbu-bumbu Telok Pindang seperti daun salam, asam, kulit bawang dan garam.

Ada teknik khusus agar bumbu meresap didalam telur, yaitu jika telur sudah sekitar 75 persen matang, telur akan sedikit ditekan tekan hingga cangkang telur retak retak. Aroma dan rasa dari telur pindang inipun khas banget lho guys, belum lagi yang rasanya guriihh. Pastinya yummy banget deh.

Untuk harganya sendiri, Amin (32) menjual satuannya 5 ribu perak doang per buah harga Telok Ukan, Lemper Jepit dan Pindang Telok. Bagi kalian yang melintas di Jalan Merdeka jangan lupa mampir yaa persis di depan Kantor Walikota Palembang dan bukanya hari Senin s/d Jumat jam 1an dan kalo Sabtu Minggu mulai dari jam 10an. “Kalo kalian penasaran ingin order untuk acara, kami bisa kok dihubungi ke nomor 0813-1031-3222,” kata Amin.

Penasaran? Silahkan berkunjung dan cicipi kuliner khas tujuhbelasan di Kota Palembang yang banyak banget dijual di pinggir jalan. Dirgahayu Republik Indonesia ke-72. Semoga semakin terus berjaya dan menjadi bangsa yang benar-benar merdeka. Jayalah bangsaku jayalah negeriku!

(Teks dan Foto : Tria / Nanda Nasrullah/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *