Inget, KTP El berlaku seumur hidup!

Inget, KTP El berlaku seumur hidup!

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Udah pada punya Kartu Tanda Penduduk (KTP), kan? Apalagi yang udah umur 17 ke atas. Bagi yang udah punya, udah pada tau kan kalo pemerintah sudah menetapkan kalo KTP Elektronik (KTP-El) gak perlu diperpanjang lagi.

Sebenarnya, peraturan ini sudah berlaku sejak setahun yang lalu lho, namun masih ada saja warga di Kota Palembang yang belum mengetahui kalo KTP El diberlakukan seumur hidup.

Andre (20) warga Kelurahan 3/4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I, mengatakan tidak tahu sebelumnya, rencana saya mau ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang untuk perpanjangan karena tahun ini sudah habis. “Syukurlah kalo begitu, gak perlu ngurus-ngurus lagi,” ucapnya.

Nasrullah (28) warga Jakabaring, bingung saat ditanya apakah sudah mengetahui KTP El berlaku seumur hidup. “Setahu saya, selama ini yang seumur hidup itu untuk lansia saja. Baguslah, saya yang terlambat tahu informasi artinya,” ujarnya sambil tersenyum.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang, Ali Subri mengatakan, KTP-EL berlaku seumur hidup ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 470/327/SJ Tanggal 29 Januari Tahun 2016 lho.

“KTP Rl berlaku seumur hidup, jika tertera di KTP El warga yg mencamtumkan masa berlaku semisal berakhir 2017, maka KTP El dimaksud tidak perlu diganti ataupun diperpanjang, sesuai Surat Edaran Kemendagri tersebut,” jelas dia, Jum’at (14/4).

Maka, lanjut dia, guna mempublikasikan Surat Edaran Mendagri tersebut, Disdukcapil Kota Palembang sudah berulangkali mensosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai kesempatan, baik melalui media massa, elektronik, workshop dan menyampaikan Surat Edaran tersebut kepada pihak Kecamatan yg diteruskan kepada pihak Kelurahan.

So, inget ya, gak perlu perpanjang KTP El nya. Yang belum buat, sok atuh buat di kecamatan masiing-masing. Dan satu lagi, jaga baik-baik kartu ini karena semua urusan birokrasi selalu pake KTP.

(Teks dan Foto : Ratih/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *