Ini Kendala Masih Terjadi Saat UNBK

Ini Kendala Masih Terjadi Saat UNBK

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Tahun ini, ada 1.812.565 siswa SMA/MA yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer. Jumlah ini mencakup 91% dari total siswa jenjang SMA/MA di 18.353 sekolah di Indonesia.

Di hari pertamanya, Senin (9/04) kemarin, mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan. Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, menyampaikan bahwa UN berjalan dengan lancar.

“Kita bersama-sama menyaksikan hari ini pada hari pertama pelaksanaan UN jenjang pendidikan SMA berjalan dengan lancar, baik, dan sesuai dengan SOP,” katanya.

Namun, Forum Serikat Guru Indonesia (FSGI) melaporkan ada beberapa kendala teknis yang terjadi di sejumlah sekolah. Seperti yang dilaporkan dari pantauan yang ada di sejumlah daerah Sumatera Selatan, Berikut ini kendala yang masih kerap terjadi di pelaksanaan UNBK :

1. Listrik Padam
Karena konsumsi listrik yang besar dalam satu waktu, nggak heran kalau tiba-tiba listrik sekolah nggak stabil atau bahkan mati. Di SMAN 1 Jepon, Jepara, di awal-awal tes UNBK masalah itu terjadi. Untungnya, pihak sekolah sudah menyediakan jenset terlebih dahulu sehingga ujian nasional bisa dilanjutkan segera.

2. Kendala Server
SMAN 1 Labuhan Badas (Pulau MEdang) mengalami maslaah autopatching yang kerap gagal sehingga menunda ujian nasional selama 4 jam karena hasil ujian terkendala saat mengunggah ke server.

3. Menumpang Ke Sekolah Lain Karena Kurang Komputer
Menurut pantauan di hari pertama ada masih ada sejumlah sekolah yang menumpang ke sekolah lain untuk ujian.

Nah bagaimana dengan ujian nasional di sekolah lo, sob? semoga lancar selalu yah

Your email address will not be published. Required fields are marked *