Ketika manisan Carica mencuri perhatian wong Palembang

Ketika manisan Carica mencuri perhatian wong Palembang

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Foodlovers, mau ngerasain enaknya manisan buat buka puasa? Untuk menikmati segarnya manisan carica, sekarang gak perlu jauh-jauh dateng ke Jawa Tengah lho. Soalnya, olahan buah asli dataran tinggi Dieng ini udah ada di Palembang.

Adalah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang ngeboyong langsung dari Jawa Tengah, untuk dipasarkan di kota pempek. Walaupun masih asing di telinga sebagian besar masyarakat Palembang namun kuliner ini udah mulai mencuri perhatian warga.

Buktinya, ini makanan udah nongol aja di Bazar Ramadhan 1438 Hijriyah, yang digelar oleh Dinas Perdagangan Kota Palembang, di Jalan Pengadilan Tinggi, Komplek Pulogadung Permai Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-Alang Lebar, Selasa (13/6).

Bahkan, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, awalnya nampak masih bertanya-tanya karena gak tau, akhirnya kepincut beli. “Iya, tadi ibu Wawako beli beberapa botol,” kata Manager PPI, Asner kepada Seputarsumsel.com.

Diakuinya, carica emang belum populer di masyarakat Palembang, beda kalo di Pulau Jawa udah beken banget. Jadi, kalo ada orang Jawa yang udah tau, biasanya beli manisan ini. “Di kantor PPI di Jalan Kapten A Rivai, kita pajang manisan carica, biasanya kalo orang Jawa yang liat langsung beli,” tawarnya.

Dijelaskan dia, manisan ini dibuat dari buah carica atau buah pepaya yang ada di Dieng, Wonosobo. Selain dibuat manisan, carica bisa diolah menjadi produk lain, seperti sirup.

“Carica itu bentuknya seperti pepaya, tapi lebih kecil dan warnanya kuning, kalo dibuat manisan rasanya manis dan enak,” jelas dia.

Lebih mantap lagi, sebut Asner, kalo menikmati manisan carica ini dengan dicampur es batu. Hmm… rasanya dingin-dingin enak ya. Bagi belum kenal, yuk cobain kuliner si manis. Manteman yang mau beli, bisa datang ke Kantor PPI Jalan A Rivai ya.

(Teks dan Foto : Ratih/JuDO/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *