Komunitas Hidroponik Palembang, suplai hingga 1,5 ton sayur

Komunitas Hidroponik Palembang, suplai hingga 1,5 ton sayur

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Ada yang gak suka makan sayur? Wah.. kalo ada, namanya rugi banget. Ya iyalah, sayur kan penting buat asupan dalam tubuh manusia. Oleh karenanya, dewasa ini banyak banget pembudidaya sayuran yang sudah lebih modern, seperti Hidroponik, demi memenuhi kebutuhan manusia.

Adalah Komunitas Hidroponik Palembang, yang saat ini udah keliatan banget eksistensinya lho. Iya, belasan pengurus dan anggota yang tergabung dalam komunitas ini, aktif banget mengelola kebun hidroponik sendiri, yang ternyata bisa dijual hasilnya. Aha.. ini dia nih yang bikin semangat. Menjalani hobi menjadi profesi yang menghasilkan pundi rupiah!

Menurut sang ketua komunitas, Adie, dirinya dan para anggota saat ini sudah mampu mengisi berbagai gerai yang ada di beberapa tempat, seperti di PTC Mall, PIM Mall, dan PI Mall Palembang. Belum lagi permintaan untuk memasok beberapa restoran, cafe dan hotel. Wah.. banyak ya!

“Iya, sekarang ini, dalam sehari kita sudah mampu memasok hingga 50 kilogram sayuran, tapi kalo weekend bisa dua kali lipat. Jadi kalo ditotalin bisa memasok hingga 1,5 ton per bulan,” ungkap Adie, saat dibincangi di pameran Green Corner Komunitas Hidroponik Palembang, di Palembang Icon Mall, Selasa (12/9).

Ia juga mengungkapkan, para anggota rata-rata memiliki lahan dan kebun hidroponik sendiri, yang mampu menghasilkan sayur mayur yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan pasar. “Sayur yang kita pasok udah ada sekitar 15 jenis, antara lain Kangkung, Pakcoi, selada, Kale, Kailan, Caisim, daun mint, dan sebagainya,” jelasnya.

Untuk harga sendiri, sayur hasil bertanam hidroponik dijual mulai 12 ribu hingga ratusan ribu per kilogramnya. But, kalo untuk dijual di gerai, udah dalam bentuk pack lho, dan harganya terjangkau banget! Seperti daun mint yang dijual seharga 8 ribuan aja, dan
Mau belajar hidroponik? Disini tempatnya!

Mau tahu gak sih, gimana serunya bertanam Hidroponik? Atau yang emang udah pernah nyoba trus gagal? Nah, disini nih tempatnya. Komunitas ini juga membuka peluang buat seluruh masyarakat Kota Palembang yang mau belajar cara bercocok tanam hidroponik. Tenang aja, jangan ngebayangin kalo pemula udah harus ngeluarin kocek seperti mau langsung buka kebun ya. Dengan hanya 200 ribu rupiah, kamu udah bisa punya alat praktek sederhana buat belajar.

“Kita sangat membuka diri untuk siapa saja yang mau belajar. Gak susah kok. Manfaatin lahan kecil buat nanem sayur, kan lumayan buat isi dapur,” papar Adie.

Bener juga ya. Dengan paket pemula ini, kamu bakal diajarin gimana bisa sukses bertanam hidroponik. Nah, kalo udah paham, biasanya baru akan di tawarin buat nanem di media khusus hidroponik, menggunakan pipa dan bahan lainnya. Harga untuk pemula yang ingin berkebun juga masih sangat terjangkau kok, yakni mulai dari satu jutaan doang.

Gak cuman membagi ilmu, para anggota juga kompak menyediakan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk hidroponik, seperti nutrisi atau pupuk, media tanam, bibit hingga pipa dan pemasangannya.

“Semua yang kita jual mulai dari paket pemula dan untuk hidroponik rumah, contohnya nutrisi kita jual mulai 26 ribuan, bibt tanaman mulai 5 ribuan, dan rock wool mulai dari 26 ribu,” katanya.

Mau belajar hidroponik? Atau mau pesen bibit unggul sayuran favorit? Kontak aja langsung ke 0812-7323-7274 (Adie).

(Teks dan Foto : RuL/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *