Listrik padam, relawan YKASS kipasi peserta lomba

Listrik padam, relawan YKASS kipasi peserta lomba

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Hey yang katanya udah gede, waktu kecil dulu pernah ikut lomba mewarnai, gak?Kalo iya, berarti kamu termasuk anak kreatif. Sama kreatifnya dengan kakak-kakak relawan Yayasan Kanker Anak Sumatera Selatan (YKASS) yang siaga membantu peserta lomba mewarnai dalam peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, Sabtu (4/3) di lantai III Palembang Icon Mall.

Ditengah perlombaan, listrik padam cukup lama sampai waktu perlombaan hampir selesai. Beruntung, meskipun sedikit meredup, sinar mentari bisa masuk tanpa penghalang lewat dinding kaca. Karena banyaknya orang yang berkumpul di lokasi tersebut, suasana menjadi panas dan sesak. Kakak-kakak relawan berseragam kaos hijau dengan sigap merobek kardus bekas air mineral untuk mengipasi adik-adik peserta lomba.

“Ayo bantu, ayo kipasin adik-adik,” perintah seseoarang diantara relawan. Tanpa banyak bicara, kardus yang disulap menjadi kipas telah menghasilkan angin menerpa kulit peserta. Adik-adik pun terlihat lebih nyaman di banding sebelumnya.

Di sisi depan, beberapa relawan lain, kompak mensterilkan lokasi dari orang tua yang sibuk memantau buah hatinya. Dengan kondisi lebih tertib tentu lebih baik, oksigen di sekitar anak-anak TK dan SD itu tak perlu diperebutkan oleh penonton.

Lebih dari itu, tugas para relawan cukup banyak. Di luar acara ini, merekalah yang mengajar, mendidik, menghibur, membantu, mengajak bermain adik-adik pejuang kanker di Hospital Scholling setiap hari Sabtu mulai pukul 2 siang hingga pukul 4 sore, di bangsal anak Rumah Sakit Umum Pusat Moehammad Hoesin. Jangan kira mereka mengejar ini demi rupiah. Mereka tak pernah dibayar sepersenpun, bahkan justru mereka ikut berdonasi.

Yayasan Kanker Anak Sumatera Selatan
Komunitas YKASS berdiri sejak 2013 lalu, kemudian pada 16 September 2016 berubah menjadi Yayasan Kanker Anak Sumatera Selatan (YKASS). “Alhamdulillah kita sekarang sudah jadi yayasan, dengan berbadan hukum dan lebih resmi. Semoga dapat mengembangkan YASS ini lebih baik,” jelas Pembina Yayasan Titin.

Lalu, untuk program tidak banyak berubah, organisasi nirlaba ini tetap fokus pada pendampingan, bimbingan, pendidikan, penunjang, dan penyebarluasan informasi tentang kanker anak. “Sama saja, program internal kita ada hospital scholling, home scholling, rumah singgah, dan donor darah. Sedangkan program eksternal kita penyebarluarkan informasi, melalui seminar kesehatan, brosur, atau bentuk sosialisasi lain. Serta pengalangan dana, melalui konser amal, penjual produk, seperti gelang hope, dan pin,” jelasnya.

Sebenarnya, selain untuk memperingati hari kanker anak internasional, agenda ini dimaksudkan juga sebagai charity. Oleh sebab itu, bukan hanya lomba mewarnai saja, melainkan juga konser amal, dengan menampilkan pantomim, dongeng, cosplay, komunitas hewan, pinger style dan seminar kesehatan tentang kanker anak. Dan akhirnya, walaupun ada kendala, berkat kekompakan, kerjasama dan ketulusan dari seluruh relawan acara yang bertajuk paint your life with love berjalan lancar. (Ratih Syam/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *