Mandi Malam Itu Bahaya! Mitos Atau Fakta

Mandi Malam Itu Bahaya! Mitos Atau Fakta

0

Seputarsumsel.com,Palembang-
Kalo nggak mandi, badan lengket semaleman. Tapi kalo mandi malam, nanti masuk angin. Lalu harus gimana? Jawabannya ada di sini

“Jangan mandi malam, nanti kamu sakit.”
“Jangan mandi malam, nanti kamu masuk angin!”

Kalimat larangan ini pernah diucapkan ortu ketika kita ke kamar mandi dengan membawa handuk. Bukan di jaman kita doang kok, mitos larangan dan penyakit akibat mandi malam itu udah ada sejak ortu kita masih remaja.

Makanya ortu suka risih kalau lihat kita mandi malam hari. Bahkan nggak jarang sederetan mitos-mitos diucapkan sama ortu supaya kita nggak mandi malam. Tapi kira-kira mitos itu bener nggak ya? Coba kita cek aja, nih, dari sisi kesehatan.

1. Mandi Malam Bikin Rematik
Faktanya:
Sejauh ini belum ada bukti yang bisa menguatkan kalau mandi malam itu bisa menyebabkan penyakit rematik. Pada prinsipnya rematik atau nyeri pada tulang itu lebih disebabkan dari gaya hidup seseorang. Misalnya seberapa sering kita berolahraga, dan bagaimana kita menggunakan persendian itu. Penyakit rematik biasanya menyerang persendian dan anggota gerak, terutama tulang, sendi otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Lagipula yang berpotensi terkena rematik itu adalah orang-orang yang udah lanjut usia, bukan remaja seumuran kita.

2. Mandi Malam Menyebabkan Paru-Paru Basah
Faktanya:
Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Secara medis, paru-paru basah berarti ada cairan dalam paru-paru. Tapi bukan berarti itu disebabkan akibat mandi pada malam hari. Penderita paru-paru basah biasanya mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, hingga badannya menggigil.

3. Mandi Malam Mengganggu Metabolisme
Faktanya:
Tergantung indikasinya. Misalnya ketika kita mandi malam setelah melakukan perjalanan jauh, suhu masih panas, tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Kalau kita langsung mandi pada saat itu juga, pori-pori masih terbuka dan air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormon pada tubuh. Tapi kalau tubuh sudah merasa santai, maka nggak ada masalah dengan mandi malam.

4. Mandi Malam Bikin Masuk Angin
Faktanya:
Tergantung dari kondisi tubuh dengan jeda antara kegiatan sebelumnya dan mandi malam. Kalau tubuh dalam keadaan sangat lelah, memang ada baiknya kita cooling down tubuh kita dulu. Soalnya kalau langsung mandi, pembuluh darah jadi langsung menyempit, organ di dalam tubuh juga pasti masih panas. Jadi memang sebaiknya rileks dulu. Setelah rileks, maka nggak ada masalah dengan mandi malam.

Di balik banyaknya mitos, berikut manfaat mandi malam yang ternyata bisa membuat….
1. Tubuh jadi fresh
2. Tubuh lebih bersih dan terhindar dari penyakit yang disebabkan bakteri
3. Tidur jadi lebih nyenyak
4. Metabolisme berjalan dengan baik
5. Otot jadi lebih rileks
6. Menghilangkan rasa capek
7. Melancarkan peredaran darah

KATA DOKTER:
“Mandi malam itu sama sekali nggak berbahaya. Bahaya rematik, paru-paru basah, dan sebagainya itu cuma mitos. Adapun penyakit yang muncul setelah mandi malam, harus dilihat indikasinya. Mungkin dia sudah punya gejala sakit sebelumnya. Sebelum mandi malam memang harus dilihat dari kondisi tubuh. Sebaiknya kalau tubuh setelah beraktivitas yang melelahkan, makan dia harus rileks dulu. Setelah udah agak santai, maka mandi malam nggak masalah.” ujar Dr. Wieke Dewi Purnama, Sp.A – m.Kes, dari RS Hermina

Your email address will not be published. Required fields are marked *