Mang Kay tuang ide Kayuhan di kaos kebanggaan OKU Selatan

Mang Kay tuang ide Kayuhan di kaos kebanggaan OKU Selatan

0

Seputarsumsel.com-Oku Selatan,
Kalo ngomongin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, pastinya kita langsung keinget sama Danau Ranau ya. Yap, bener banget. Danau yang tercatat merupakan danau terluas kedua di Indonesia, setelah Danau Toba di Sumatera Utara ini, emang udah terkenal banget. Apalagi, nikmatin Danau Ranau udah sepaket sama indahnya background Gunung Seminung.

Nah, di Danau Ranau ini, ada perahu kecil unik yang bisa kita lihat merapat di tepian danau, yang dinamakan Kayuhan. Perahu kecil ini biasa di gunakan oleh penduduk sekitar danau, yang hanya bisa memuat dua orang. Yang bikin unik adalah bambu penyeimbang perahu, yang hanya ada di satu sisi aja, yakni sisi sebelah kiri. Menurut cerita turun temurun yang berkembang di penduduk, penyeimbang ini berguna untuk memudahkan ketika nelayan melempar jaring, sehingga perahu tetap seimbang. Kebiasaan masyarakat pemilik perahu, jika sudah digunakan maka Kayuhan akan ditarik ke daratan, sehingga perahu lebih awet.

Kayuhan, ide kaos oblong Mang Kay

Mang Kay, rupanya menginspirasi berbisnis kaos oblong dari filosofi Kayuhan ini. Bahkan, ia menamakan brand nya pun dengan Kayuhan. Dengan desain khas bahasa OKU Selatan dan juga destinasi wisata OKU Selatan, kaos Kayuhan mencoba masuk di segmentasi anak muda era kekinian yang sedang gandrung dengan desain berpola urban. Desain dan warna simple yang diaplikasiin ke kaos oblong Kayuhan, agak menjauh dari pola desain yang rame dan full colour dan juga fokus di desain huruf atau font yang sekarang lagi ngetrend banget ya.

Trus, Mang Kay juga gak cuma berjualan kaos oblong aja ya. Ia gak ingin Kayuhan hanya sebagai cinderamata atau oleh-oleh semata, tetapi juga menyuarakan gerakan perubahan baik dari sisi ekonomi kreatif lokal, edukasi, dan juga sebagai pelestarian semua potensi budaya OKU Selatan. Bener banget ya, apa yang dilakukan Mang Kay ini secara langsung dan nyata mendukung proses tumbuh kembangnya ekonomi kreatif, dan menunjang promosi wisata Kabupaten OKU Selatan yang memang sedang gencar-gencarnya di lakukan pihak Pemerintah Daerah.

Kayuhan menjadi identitas diri sebagai perwujudan slogan I LOVE OKUS. Secara masif, gerakan itu sudah dimulai dengan kampanye hastag atau tagar #FOKUS (For OKU SELATAN), yang artinya mengajak semua elemen masyarakat OKU Selatan berbuat dan menerjemahkan slogan ‘I Love OKUS’ dengan karya nyata, baik sebagai pemuda, pelajar,dan juga semua warga masyarakat.

“Gerakan FOKUS adalah gerakan untuk mencintai semua potensi yang ada di OKU Selatan dan berharap semua pihak mendukung yang kemudian bisa menjadi viral di media sosial. Target besarnya adalah menyatukan kekuatan masyarakat mempromosikan OKU Selatan ke tingkat yang lebih luas, baik di regional sumsel maupun di Nusantara, karena OKU Selatan mempunyai prospek yang sangat bagus. Akan tetapi, kita butuh sebuah kekuatan yang besar dan disini saya sebagai pemuda mencoba berbuat sesuatu untuk kemajuan OKU Selatan berbekal ide-ide kreatif dan tentunya bersinergi dengan pihak-pihak yang terkait,” ungkap Mang Kay.

(Teks dan Foto : RuL/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *