Mau cairkan dana desa? Buat laporan pertanggungjawaban dulu dong!

Mau cairkan dana desa? Buat laporan pertanggungjawaban dulu dong!

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Udah pada tahu kan kalo Desa udah dapet Dana Desa buat pembangunan infrastuktur dan lainnya? Tapi, dana desa ini gak langsung sampe ya. Perlu adanya pengajuan APBDes dan SPJ buat mencairkan dana tersebut. Nah, saat ini, realisasi penyaluran dana desa dari RKUN ke RKUD (Rekening Kas Umum Daerah) baru mencapai angka 60 persen lho, atau sebesar Rp 1,35 triliun. Padahal, pagu yang ditetapkan sebesar Rp 2,27 triliun. Duh!

Masalahnya lagi nih, dari angka Rp 1,35 triliun itu, realisasi penyaluran RKUD ke RKD atau rekening kas desa yang tersalurkan belum seratus persen juga lho. Faktanya, baru 97 persen atau sebesar Rp 1,32 triliun aja yang udah sampe, dan jumlah desa yang telah memperoleh dana desa tersebut yakni baru 2.771 desa, dari total 2.852 desa penerima di Sumatera Selatan. Artinya, ada 79 desa yang belum dapet pencairan ya kan, karena permasalahannya adalah belum semua desa melengkapi persyaratan pencairan dana desa tahap pertama di 2017. Wah, kok bisa ya?

Beberapa persyaratan untuk dilakukan pencairan tahap pertama 2017 ini, ialah pertanggunng jawaban dari kades atas kinerja di tahun 2016 lalu. “Para kades belum mengajukan APBDes dan SPJ untuk dana desa tahun lalu,” kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumsel, Sudarso saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/7).

Masalahnya nih, ada batas waktu bagi desa yang belum menyerahkan laporan itu ke masing-masing Pemda. Menurut Sudarso, batas akhir penyerapan laporan oertanggung jawaban dana desa tahun sebelumnya, adalah akhir Agustus ini. Kalao laporan tersebut sampe batas waktu yang sudah ditentukan, maka dana desa tahap pertama 2017 gak bisa disalurkan ke desa, meskipun ada pagunya.

Dampaknya, bukan hanya di tahap pertama aja, tapi dana desa tahap kedua di 2017, bagi desa yang gak nyampein laporan pertannggungjawaban tahun sebelumnya, juga gak bisa dicairkan atau disalurin. Ribet tuh!
Makanya, Sudarso menegaskan, bagi kepala desa agar segera melaporkan pertanggung jawabannya untuk kerja tahun sebelumnya. Minimal pelaporan kinerja yang dilaporkan mencapai 75 persen baru dana desa bisa penuh disalurin. Ayo dong semangat pak Kades!

Beberapa data desa yang belum memberikan laporan yakni di Kabupaten Muratara, empat desa di Kabupaten Banyuasin, dua desa masing-masing di OKU Selatan dan OKU Timur, dan dua desa di Ogan Ilir. Selain itu, satu desa di Kabupaten Empat Lawang, dan Kabupaten OKI Sedangkan daerah yang dananya telah tersalurkan yakni Musi Banyuasin, OKU Induk, Muara Enim, Pali serta Prabumulih.

(Teks dan Foto : RuL/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *