Muba jadi pelopor pembangunan pertumbuhan hijau di Indonesia

Muba jadi pelopor pembangunan pertumbuhan hijau di Indonesia

0

Seputarsumsel.com-Muba,
Kabupaten Muba terus berbenah nih, khususnya kalo berkomitmen untuk implementasi pembangunan pertumbuhan hijau (green growth) dan reforma agraria. Hal ini juga didasari karena Kabupaten Muba menjadi daerah pelopor pembangunan pertumbuhan hijau di Indonesia. Gak hanya itu, komitmen green growth Kabupaten Muba juga dinobatkan menjadi komando Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Indonesia lho!Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengungkapkan, implementasi pembangunan hijau di Kabupaten Muba harus terus digencarkan dengan melalui banyak program.

“Iya, misalnya saja dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Muba untuk membuat rencana kerja yang memperhatikan implementasi green growth,” ujarnya, di sela pembukaan kegiatan Lokakarya Perencanaan Implementasi Pembangunan Pertumbuhan Hijau (Green Growth) dan Reforma Agraria Kabupaten Musi Banyuasin di Hotel Grand Zuri Palembang, Selasa (19/9).

Dikatakan Dodi, banyak cara untuk mengimplementasikan pembangunan hijau dan peran OPD harus pro aktif untuk mewujudkan dan menjaga pembangunan hijau. “Pemkab Muba juga gak akan fokus saja dengan rencana-rencana dalam upaya menjaga lingkungan dan hutan, tetapi juga fokus dengan mengedukasi masyarakat pedesaan untuk gak membuka lahan dengan cara membakar. Juga dengan tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan gak merusak ekologi,” jelasnya.

Sementara itu, komitmen pembangunan hijau di Kabupaten Muba ini mendapat banyak dukungan lho, termasuk dari beberapa NGO nasional dan internasional yang juga tergabung dalam Sahabat Muba, diantaranya WRI Indonesia, Rainforest Alliance, IDH Sustainable, dan World Agroforestry Centre.”Kami melihat Kabupaten Muba sangat serius dengan pembangunan pertumbuhan hijau, dan tentunya harus didukung. Dan upaya Bupati Muba melibatkan OPD untuk mencanangkan rencana kerja yang berkaitan dengan green growth kami nilai sangat bagus dan harus mendapat dukungan,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Lokakarya Green Growth, Adiosyafri.

(Teks dan Foto : RuL/HMS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *