Muba Tuan Rumah Rakor Disdukcapil se Sumsel

Muba Tuan Rumah Rakor Disdukcapil se Sumsel

0

Seputarsumsel.com-Sekayu,
Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Dan Kabupaten Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Musi Banyuasin (Muba), Senin (22/1).

Acara dibuka Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi dihadiri oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Sumsel, Dra Hj Septiana Zuraida SH MSi dan Perwakilan Kepala Disdukcapil 17 Kabupaten/Kota Se-Propinsi Sumsel.

Dalam laporan Kepala Dinas Dinas Disdukcapil Kabupaten Muba sekaligus sebagai Ketua Forum Disdukcapil Provinsi Sumsel, Hj Asmarani SSos MSi menyampaikan tujuan dari Rakor Forum Komunikasi ini yaitu, untuk menyatukan gerak langkah program kerja dan menyamakan persepsi menghadapi Rapat Kerja Nasional pada 7-9 Februari 2018 mendatang di Kota Batam.

“Rakor Temu Forum Kepala Disdukcapil se Propinsi Sumsel ini selain untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan di tahun lalu agar menjadi masukan ke depannya, serta menghadapi dinamika politik pada tahun 2018 dan 2019 mendatang, ialah untuk persiapan mengahadapi Rakornas Disdukcapil Februari mendatang, bagaimana menyamakan persepsi agar menghasilkan program kerja yang baik untuk pelayanan kependudukan akan datang, “jelasnya.

Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi sebelum membuka Rakor Temu Forum tersebut disampaikannya, berbicara masalah data penduduk merupakan hal yang penting, betapa besarnya kepentingan data kependudukan, jika kita sudah melaksanakan single identity, semua sistem data terintegrasi satu pintu kedepannya pasti sangat baik sekali.

“Kami sangat mendukung sekali pertemuan yang digagas oleh Disdukcapil ini, apa yang dibicarakan pada Rakornas di Batam nanti, diharapkan apa yang kita bicarakan hari ini bisa menjadi rekomendasi pada rakornas nanti, “tukasnya.
Ditambakannya, betapa pentingnya keberdaaan Disdukcapil ini, tupoksinya bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka dari itu kami Pemkab Muba secara khusus pada tahun ini akan membangun gedung untuk pelayanan dan pencatatan.

“Keinginan kami gedung ini menjadi yang terbaik di Sumsel, karena pada dasarnya etalase penilaian terbaik bagi masyarakat ialah di bidang Dukcapil, kesehatan dan perizinan, itulah merupakan poin penting menjadi wujud nawacita kesejahteraan pelayanan bagi masyarakat, ” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Dinas Disdukcapil Provinsi Sumsel, Dra Hj Septiana Zuraida SH MSi mengatakan, tujuan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara umum adalah terwujudnya sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

Dan tujuan khususnya yaitu terciptanya persamaan persepsi aparatur penyelenggara administrasi kependudukan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, dan terwujudnya pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam memberikan rasa aman kepada setiap warga negara melalui peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

Your email address will not be published. Required fields are marked *