MXGP ditunda 2019 mendatang, kawasan harus steril demi Asian Games 2018

MXGP ditunda 2019 mendatang, kawasan harus steril demi Asian Games 2018

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Ajang Motocross Grand Prix (MXGP) pada Juni 2018, dibatalin di Palembang lho, dan dipindahin ke Pangkal Pinang. Wah.. Sayang banget ya. Emang ada apaan sih? Usut punya usut, ternyata ini dikarenakan arena berada satu kawasan dengan tempat pertandingan Asian Games 2018. Bukannya gak ada usaha buat mempertahankan eevent kelas dunia itu ya. Pemprov Sumsel sudah berjuang maksimal lho, supaya ajang otomotif itu tetap bisa digelar di sini. Tapi ternyata, hal ini ditunda sementara demi perhelatan Asian Games 2018 dikarenakan terbentur soal sterilisasi kawasan.

Hal Ini disampein Staff Khusus Gubernur, I Gede Bagus Surya Negara, di hadapan para awak media, Jumat (8/9) di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel. Katanya, Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengharuskan pemerintah mensterilkan kawasan Jakabaring Sport City (JSC), terhitung enam bulan sebelum pelaksanaan.

“Meski ajang ini awalnya diharapkan menjadi promosi Asian Games dan sekaligus memperkenalkan Jakabaring Sport City, tapi ketentuan-ketentuan dalam Asian Games 2018 juga gak bisa dikesampingkan,” kata Surya.

Ia menjelaskan, jika ingin menjadi tuan rumah MXGP, maka Sumsel harus membangun sirkuit motorcross sepanjang 1,8 kilometer. Areal yang diproyeksikan ternyata berkontur rawa yang membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk pematangan lahan seluas 10 hektare.

“Ini yang menjadi kendala. Belum lagi pembangunan yang diperkirakan bakal membutuhkan waktu 2 bulan. Jika dihitung, butuh waktu enam bulan lebih untuk mempersiapkan semuanya,” kata dia.

Tapi tenang aja Sob. MXGP 2019 udah dipastiin bakal digelar di Palembang, karena icon Jakabaring Sport City mampu membius para panitia, supaya bisa menyelenggarakan ajang kelas dunia itu disini. Ini diakui Staff Khusus Gubernur Sumatera Selatan bidang Humas dan Olahraga, Riduan Tumenggung.

“MXGP ini akan tetap digelar di Palembang pada 2019 karena perusahaan otoritas MXGP Indonesia, PT Arena Sirkuit Indonesia telah membuat keputusan,” ungkapnya.

(Teks dan Foto : RuL/HMS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *