Ngantuk saat beribadah di masjid? Ini solusinya!

Ngantuk saat beribadah di masjid? Ini solusinya!

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Sholat di masjid udah jadi candu nih, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Umat muslim berlomba-lomba untuk memakmurkan rumah Allah SWT, demi meraih pahala yang berlipat ganda. Nah, berhubung puasa, otomatis jam tidur berkurang ya, karena kita melaksanakan sahur. Kebanyakan kalo lagi beribadah, pada ngantuk gak sih? Kalo iya, wajar banget kok. Tapi gak wajar jadinya kalo di masjid kita tetep menuruti rasa kantuk itu. Ada beberapa tips nih buat kamu, supaya bisa sukses menjalankan ibadah tanpa rasa kantuk, InsyaAllah. Simak yuk!

1. Niat ibadah karena Allah SWT.
Untuk shalat berjamaah di masjid, kita membutuhkan niat dan tekad untuk melakukan shalat di masjid, hanya karena Allah SWT. Dan bukan karena hal lain. Kalo gak ada niat, maka shalat di masjid akan menjadi malas-malasan dan akhirnya kita merasa mengantuk dan beberapa kali menguap. Inget, semua berawal dari niat.
2. Jangan makan terlalu kenyang.
Salah satu sunnah Rasul adalah makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Kenyang menyebabkan kamu ingin beristirahat hingga menimbulkan rasa kantuk. Sebaiknya, baik sahur maupun berbuka, jangan makan berlebihan. Hindari langsung makan berat seperti nasi, saat buka puasa maupun setelah sholat maghrib. Jikapun harus makan berat, sebaiknya kurangi porsi makannya menjadi seperempat dari ukuran biasanya. Kamu bisa melanjutkannya lagi sekembali dari masjid.
3. Tidak minum obat sebelum pergi sholat tarawih.
Kalo kamu punya riwayat sakit maag, asam lambung atau sakit lainnya yang mengharuskan kamu untuk mengkonsumsi obat, sebaiknya konsumsilah obat yang tidak berefek kantuk. Konsultasikanlah dengan dokter. Kalo bisa, minum obat setelah pulang dari masjid, itu lebih baik.
4. Jangan kebablasan tidur siang.
Tidur yang berkualitas bukanlah ditentukan oleh durasi tidur yang lama. Memanjangkan waktu tidur siang hanya akan membuat tubuh kamu lelah. Manfaatkan waktu mengantuk anda disiang hari, biasanya itu setelah sholat dzuhur ya. Kamu bisa tidur selama 8 hingga 10 menit untuk beristirahat.
5. Kalo masih ngantuk juga, berwudhulah.
Bersentuhan dengan air akan mengurangi rasa kantuk. ni akan menyegarkan kembali tubuh kamu.

(Foto dan Teks : Nanda Nasrullah/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *