Nih, ada keris antik di Expo Palembang!

Nih, ada keris antik di Expo Palembang!

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Haii haii para pecinta barang antik! Kepoin keris antik yuk! Keris yang identik dengan hal mistis oleh sebagian orang, kamu bisa lihat koleksinya di Expo Palembang bertempat di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), yang dipajang di stand Komunitas Pecinta Antik Kreatif Sriwijaya (Kompaks).

Beragam keris berasal dari Sumatera Selatan dan sekitarnya ini, dipamerkan sebanyak 31 keris. Macem-macem banget deh bentuknya, unik-unik dan bahkan ada beberapa yang bercincin emas. Yook siapa yang mau liat-liat atau mau beli, soalnya nih gak cuma dipajang doang yaa guys, ini jual juga lho. Kolektor Keris Sumsel, Fajar Setia, ngedapetin keris ini gak cuma-cuma lho genks. Dengan cara membelinya dari seseorang yang menjualkan koleksinya. Seperti yang kita tau kan, kalo Palembang ini daerah yang kaya akan sejarah. Di zaman kesultanan pun, punya senjata diantaranya keris dan tombak. Keris itu dulunya merupakan derajat seseorang.

Salah satu yang unik dan paling menarik adalah Keris Luk Lima Pamor Ganggang Kenyot. Keris ini dilengkapi dengan gagangnya Lundai Gading. Yang paling unik, keris ini cincinnya terbuat dari emas. Sangking unik dan sejak zaman lalu, harga emasnya ditaksir lebih mahal dua kali lipat dari emas murni saat ini. Wow.. mahal dong! Udah gitu, ukirannya yang halus nunjukin derajat harga. Apalagi nih bro hampir semua keris berbahan dari kayu limar. Hayoo-hayoo para pecinta barang uniik, buruan diburu nih keris seharga Rp50 juta. Alamak!

Mau kepoin yang lain? Nih ada Keris Manglar atau keris dengan kepala gajah dan badan naga. Keunikakannya bilah berkinatah emas, bersampir gading dan hulu atau kepalanya dari Gading Jawa Demam. Nah yang ini juga cincinnya emas, warangka atau bungkusnya dari perak. Nah, genks, yang ini harganya Rp35 juta.

“Kenapa harganya beda, karena Keris Luk Lima Pamor Ganggang Kenyot besinya pamor tertata, ini dapatnya di Prabumulih, kita beli dari orang. Hanya saja disayangkan, di Palembang ini, asal usul pemegang keris ini tidak diketahui secara pasti, di Sumsel tidak tahu siapa mereka yang pegang sendiri,” jelasnya.

Pak Fajar ini genk, punya kolesi 250 keris. Pameran ini mengenalkan ke masyarakat bahwa ada barang berharga yang mesti dijaga dan dilestarikan. Dengan harga Rp 2 juta – 50 juta, di Expo ini kalian bisa pilih yang kamu suka bro.

Oiya guys, keris ini kan identik sama hal mistis oleh sebagian besar orang. Nah, kalo udah gitu, kembali pada keyakinan masing-masing aja yaa. Keriskan dibuat dari zaman belum mengenal Islam, yang kental dengan hal mistik dan mereka turun menurun mempercayainya. Jadi, sekarang karena kita ngehargai budaya, kita suka karena keindahanan jadi kita koleksi aja yaa.

Ternyata, peminat keris ini banyak dari luar Sumsel lho genks, seperti Malaysia. Nih, kalo keris kamu butuh perawatan, cukup diberi minyak. Soalnya nih, besi kalo terkontaminasi udara efeknya jadi berkarat, sehingga perlu diberi minyak. “Kerisnya yang mau dirawat dan dipercantik hubungi ke 0811787449, kalo tempatnya kita ada di Plaju,” ujarnya.

Sebagai informasi, perbedaan keris Palembang,dan jawa. Jika palembang kapala keris menghadap ke samping. Sedangkan keris Jawa ke depan. Beberapa motif yakni buring, putri malu. Sementara keris berbahan gading yang memakainya biasanya pembesar sultan atau pangeran. Keris didapatkan diantaranya dari Lubuk Linggau, Baturaja dan Palembang sendiri. Biasanya pun dari peninggalan keluarga. Di Palembang, keris warisan dark turun temurun dan di jaga

(Teks dan Foto : Tria/Nanda Nasrullah/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *