Pemkab Muba programkan pembangunan rumah bagi LVRI

Pemkab Muba programkan pembangunan rumah bagi LVRI

0

Seputarsumsel.com – Muba,
Tahu gak, Pemkab Muba bakal memprogramkan bedah dan pembangunan rumah kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang membutuhkan. Hal ini dikomitmen sama Bupati Muba, Dodi Reza Alex.

“Iya, kalo bukan kita, siapa lagi yang peduli kepada para pahlawan (LVRI),” pungkasnya, saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI Kebupaten Muba masa bakti tahun 2017-2022, beberapa waktu lalu.

Pada kegiatan ini, Mayor Atr (purnawirawan) Kamaludin dilantik secara resmi oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Selatan, Robert Siagian sebagai Ketua DPC LVRI Kabupaten Muba yang baru.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin menilai, pelantikan ini penting banget lho, terutama dalam upaya pengaktifan kembali LVRI Muba. Untuk selanjutnya akan dilakukan kerjasama yang lebih intens lagi antara Pemkab Muba dan LVRI. “Yang penting adalah nilai semangat dan komitmen kita untuk mengakui organisasi ini (LVRI), Bagi kami sebagai penerus bangsa, LVRI akan terus berada dalam hati kami,” ucap Dodi.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama antara Pemkab Muba dengan LVRI, tentang Sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai (JSN) 1945, yang ditandatangani oleh Bupati Muba, Ketua DPD LVRI Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, Syafaruddin, dan Ketua DPC LVRI Muba.

Sementara itu, Ketua DPD LVRI Provinsi Sumsel menuturkan hari jadi LVRI pada tanggal 1 Januari 1957 dan dikukuhkan kembali melalui Undang-undang nomor 15 tahun 2012 tentang LVRI. Dimana dalam UU tersebut LVRI adalah warga Negara Indonesia yang aktif berperang menghadapi bangsa lain kemudian mendapatkan piagam ceteran Republik Indonesia.

“Jadi disini (LVRI) warga Negara Indonesia bisa TNI, Polri, bahkan bisa warga sipil, namun mereka aktif membantu perjuangan melawan bangsa lain. Kemudian dari pada itu warga Negara Indonesia yang ikut dalam pasukan perdamaian PBB keluar negeri dibawah bendera PBB, itu veteran perdamaian,” tuturnya.

Lebih lanjut Robert menjelaskan hari veteran nasional diperingati pada tanggal 10 Agustus, karena setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945, Bangsa Belanda waktu itu masuk kembali, dan pada tanggal 10 Agustus 1949 pukul 24.00 Wib terjadi gencatan senjata. “Peristiwa inilah yang ditetapkan sebagai hari veteran nasional,” tambahnya.

(Teks dan Foto : RuL/HMS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *