Pemkot Palembang dorong pemuda kuasai IT

Pemkot Palembang dorong pemuda kuasai IT

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
“Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncang dunia”. Kalimat mendiang Presiden pertama RI, Soekarno inilah yang dikutip orang nomor satu di kota Palembang, Harnojoyo untuk memotivasi pemuda Indonesia yang hadir dalam Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar 2017. Kebayang, kan semangat pemuda yang dikobarkan oleh Harnojoyo ini!

Pelatihan ini diselenggarakan buat ngembangin potensi pemuda, makanya pelatihan ini mengusung tema Media Social Strategy for Human Resource Akselerasi Pengembangan Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pemuda dalam Ilmu dan Teknologi. Ketinggian, ya temanya? Gak kok. Inilah perkembangan teknologi yang harus dikuasai anak muda.

Harnojoyo menuturkan dalam kata sambutannya, selain kudu punya jiwa kepemimpinan, pemuda juga wajib berbekal ilmu untuk diimplementasikan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, entrepreneurship di bidang Teknologi dan Informasi harus bisa dikuasai secara maksimal.

“Ilmu yang didapat dari narasumber dalam pelatihan ini diambil manfaatnya dengan baik untuk kepentingan pribadi, atau kepentingan umum. Semoga pemuda-pemuda disini menjadi pemuda hebat dan mandiri,” kata Harnojoyo dalam Penutupan Pelaksanaan Fasilitasi Kepemimpinan Pemuda Tingkat Dasar Kota Palembang Tahun 2017 di Hotel Grand Duta Syariah, (28/2).

Sebagai orang yang berpengalaman, Harno tahu betul seluk beluk menjadi seorang pengusaha. Apalagi ia sendiri memiliki background seorang pengusaha, sebelum akhirnya memimpin kota pempek sebagai Walikota.

Menurutnya, salah satu cara cepat mendulang rupiah adalah dengan menjadi pengusaha. Namun, sambung Harno, kesungguhan adalah kunci utama. Dengan demikian pemuda tak boleh menyia-nyiakan waktu mudanya. Inget ya nasehat bapak walikota kita ini!

Di sisi lain, Kepala Bagian Kesra Pemkot Palembang, Riza Pahlevi mengatakan pelatihan ini digelar selama dua hari dan ditambah sehari untuk agenda outbond. Materi yang diberikan bukan sekedar teori saja. Peserta langsung mempraktekkan materi yang dipaparkan oleh narasumber.

“Materi yang diberikan tentang leadership, speed reading, speed writing. Serta praktik bagaimana membuat blog atau website yang cepat dan praktis. Dan juga tentang entrepreneurship di bidang Informasi dan Teknologi. Kedepan diharapkan mereka bisa menjadi pengusaha dan memiliki produk sendiri di bidang IT ini. Kami menghadirkan narasumber yakni hacker juara nasional yang sudah menghasilkan jutaan rupiah, dimana dalam pelatihan ini ia membagi ilmu tentang trik-trik khusus untuk sukses di bidang IT ini,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai universitas di Palembang serta dari komunitas, antara lain Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Muhammadiyah, Universitas Bina Darma, Politeknik Negeri Sriwijaya, Jaringan Remaja Masjid Indonesia, dan lain-lain.

Kudu dipahami, nih. Teknologi gak ngikutin otak kita. Justru sebaliknya, kitalah yang kudu ngikutin perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Ayo pemuda, jangan berputus asa mengejar ilmu, karena ilmu lah yang akan menjadi tumpuan masa depan kita kelak! (Ratih/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *