Pemkot  terapkan Parkir Online di Palembang

Pemkot terapkan Parkir Online di Palembang

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Hello warga Palembang, gimana nih kabarnya? Btw, ada yang tau gak sih, kalo lahan parkir di sepanjang kawasan Jalan Letkol Kolonel Atmo kini udah diterapkan sistem parkir online. Hal ini udah mulai berlaku sejak Selasa (11/7) kemarin lho!

Parkir online disini masih tetap menggunakan Juru Parkir (Jukir), jadi sistemnya Jukir resmi milik Pemkot Palembang yang pake seragam oren, trus ada tulisan Pemkot Palembang dilengan sebelah kanannya, bakal ngarahin kalian kalo mau parkir disana.

“Jadi, kalo mau parkir nanti pengguna lahan parkir akn kita kasih kartu, nah nanti kartunya di daftarin dulu di alat dan android yang kami miliki dengan mencatat nomor plat dan waktu parkir,” kata salah satu Jukir Pemkot Palembang, sewaktu bertugas di kawasan Atmo.

Penerapan parkir online ini juga disertai dengan pembinaan Jukir-jukir lama yang ada disana lho. So, Jukir lama bakal digantikan sementara dengan Jukir baru, selama mereka dalam pembinaan, ya kurang lebih seminggu lah ya. Kalian pasti ada yang tanya, trus kalo yang lama udah selesai dibina mereka mau ditempatkan dimana?

Kabid Pengawasan dan Operasional Dinas Perhubungan Kota Palembang, Martha Edison berkomentar soal ini.

“Para Jukir lama usai pembinaan bakal kembali ditempatkan ke wilayah parkir masing-masing, yang Jukir baru akan kita pindahkan ke lahan parkir yang belom ada Jukirnya. Kenapa Jukir lama ini perlu dibina, sebab rata-rata dari mereka itu belum ngerti sistem online. Jadi perlu waktu untuk belajar agar benar-benar paham,” terangnya.

Untuk kawasan ini, Dishub udah menempatkan sekitar 34 Jukir di 34 titik yang ada disana. Wah… tambah keren ya Palembang, parkirnya udah mulai tertata, jadi gak usah ribut lagi deh, sesama tukang parkir soal tarif parkir yang kadang gak sesuai sama peraturan.

Ditempat parkir online ini, tarif yang diterapkan sesuai dengan Perda lhi, yakni dua ribu untuk mobil perjam nya dan seribu untuk motor dihitung perjam juga. Sebab nih ya, dengan sistem ini para Jukir’nakal’ gak bakal bisa naikin tarif seenaknya… Jadi sebagai pengguna lahan parkir tentu kalian akan lebih merasa nyaman dan aman buat parkir.

“Tarifnya sesuai Perda. Tujuan pemberlakuan sistem ini memang utamanya untuk memberikan pelayanan keamanan dan kenyaman bagi masyarakat dibidang pelayanan parkir kendaraan. Selain itu, ini juga demi mencegah kebocoran PAD untuk retribusi parkir di Palembang,” terang Martha lagi.

Jadi cuman di Kolonel Atmo aja nih yang ditata? Trus yang lain gimana? Jangan khawatir ya guys, Pemkot tetap mengupayakan kawasan lainnya juga akan diterapkan sistem Parkir Online ini. Bahkan dalam waktu dekat nih yaa, Pemkot bakal menata juga lahan parkir kawasan Jalan Letkol Iskandar dan Letkol Rustam Effendi juga lho.

“Saat ini yang mendesak aja dulu kita tata, yakni di Atmo ini sebab disini sering terjadi gejolak antara tukang parkir disini. Selanjutnya dalam waktu dekat berlanjut ke Letkol Iskandar dan Rustam Effendi. Setelah itu, kita juga akan melanjutkan di Jalan Masjid Lama dan sekitar Pasar 16, kalo untuk di BKB itu udah pake sistem mesin online, sehingga gak perlu lagi menggunakan Jukir,” terang Martha.

Oh iya, perlu kalian tau juga, untuk kawasan Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dilarang parkir, baik itu di sisi kanan dan sisi kiri. Bahkan, menurut Martha Edison Perwalinya juga udah ada dan tinggal menunggu tanda tangan Walikota Palembang. “Kalo tanda tangannya sudah didapat nanti akan kita adakan langsung rapat kemudian penertiban dikawasan itu,” pungkasnya.

(Teks dan Foto : Ayra/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *