Pemukiman Musi Bercorak, warna-warni rumah rakit pinggir sungai

Pemukiman Musi Bercorak, warna-warni rumah rakit pinggir sungai

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Menuju Asian Games 2018, Palembang terus berbenah nih. Mulai dari Pedestrian Sudirman Walk dengan pertokoan yang warna warni, nah, sekarang ditambah lagi dengan pengecatan di pinggiran Sungai Musi, mulai dari bawah Ampera sampai Sungai Kenduruan 7 Ulu.

Rumah panggung dan rumah rakit di sisi luar Sungai Musi yang di cat warna warni ini dinamakan Permukiman Musi Bercorak gengks. Dinamakan Musi Bercorak, karena nantinya nih atap rumah-rumah ini akan dicat sesuai dengan corak warna logo Asian Games. Wah.. kebayang kan ya kecenya kawasan pemukiman pinggiran Sungai Musi nantinya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, pihaknya mempercepat mempercantik Kota Palembang ini untuk menyambut Asian Games, maka ditargetkan setidaknya Februari 2018 pengecatan pinggiran sungai ini sudah selesai.

“Untuk tahap awal ini, kawasan yang kita cat sekitar 2 kilometer, mulai dari bawah Jembatan Ampera hingga ke Sungai Kenduruan 7 Ulu. Sekarang baru akan kita cat di bagian dinding dan atap rumah dahulu, sehingga tampak luar nantinya sudah berwarna-warni,” katanya, usai meresmikan Perumahan Musi Bercorak bersama Walikota Palembang, Harnojoyo, Kamis (25/5).

Dengan dipercantiknya pinggiran Sungai Musi di kawasan Ulu ini, nantinya kamu yang mau foto-foto cantik di Benteng Kuto Besak (BKB) gak hanya pake latar belakang Jembatan Ampera doang. Kalian juga bisa punya foto background Pemukiman Musi Bercorak ini lho.

Isnaini menambahkan, Permukiman Musi Bercorak ini selain sebagai destinasi wisata, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lho. Gini nih, pemilik rumah bisa bisa menjadikan rumah mereka sebagai homestay atau bahkan rumah singgah bagi para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Bisa juga membuat kuliner khas Palembang yang bisa menarik minat wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini.

“Capaian wisatawan nusantara (wisnus) di 2016 ada 1,9 juta orang dan wisatawan mancanegara (wisman) berjumlah 9000 orang. Nah, tahun ini ditargetkan untuk wisnus 2,1 juta orang dan wisman 12.000 orang. Ini yang mau kita kejar, apalagi Wisman yang datang kebanyakan berasal dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan China,” terangnya.

Walikota Palembang Harnojoyo juga bilang nih, launching Permukiman Musi Bercorak ini diharapkan akan membangun destinasi wisata baru dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan. “Diharapkan perusahaan pihak ketiga bisa berkontribusi membantu mempercantik tepian sungai Musi ini,” katanya.

(Teks dan Foto : Zubaer / Nanda Nasrullah / Judo /17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *