Pengecatan Musi Bercorak berubah pola. Gimana nih?

Pengecatan Musi Bercorak berubah pola. Gimana nih?

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Kampung warna-warni emang udah ada dimana-mana ya guys. Tapi, di Palembang gak mau ketinggalan lho. Bahkan, saat ini Pemukiman Musi Bercorak di pinggiran Sungai Musi ini, pengecatannya lagi dikebut banget biar bisa selesai saat Asian Games 2018.

Awalnya, pengecatan dilakuin pada Mei lalu atau tepatnya sebelum Ramadhan ya. Kawasan yang disasar mulai dari bawah Jembatan Ampera sampai dengan Sungai Kenduruan 7 Ulu atau sekitar 2 kilometer. Tapi, berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, bahwa pengecatan sempat tertunda disebabkan kekurangan material pengecatan.

Oalah, pantesan ya, sejauh ini baru berkisar puluhan doang rumah yang baru selesai dicat. Makanya, untuk menyiasati penyelesaian pengecatan sesuai dengan target, Pemkot mengubah pola pengecatan. Wah, jadi seperti apa tuh?

“Awalnya masyarakat atau pemilik rumah yang melakukan, sekarang diupayakan dilakukan oleh mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebab kebanyakan pemilik rumah memiliki kesibukan seperti bekerja dan akhirnya memperlambat progress pengecatan,” katanya.

Nah, karena udah ada mahasiswa yang mau ngerjain, jadinya ditargetin sampe akhir Agustus ini harus selesai 80 rumah lho. Bisa? Pengecatan di pinggiran Sungai Musi, mulai dari bawah Ampera sampai Sungai Kenduruan 7 Ulu diperkirakan ada ratusan rumah, lho.

Diharapkan, sebelum Asian Games, seluruh rumah di tepian Sungai Musi sudah rapi dan berwarna. “Untuk tahap awal ini sekitar 2 Km dari bawah Jembatan Ampera ke arah 7 Ulu. Sekarang kita prioritaskan lapisan terluar sungai, yang dicat dinding dan atap rumah,” ungkapnya.

Pengecatan sampai Sungai Kenduruan 7 Ulu itu jika nantinya ada sisa material, pengecatan akan mengupas kawasan 5 Ulu juga. Kemudian dilanjutkan ke 3-4 Ulu, 2 Ulu dan 1 Ulu, sebagai pancingan masyarakat yang sukarela dan pihak investor lainnya. Siapa ada yang sukarela yaa genks buat ngecat rumahnya sendiri atau sama kaya PT Propan kasih bantuan material pengecatan.

Dengan dipercantik pinggiran Sungai Musi ini nantinya, temen-temen yang mau foto-foto cantik di Benteng Kuto Besak (BKB) gak hanya pake latar belakang Jembatan Ampera doang ya. Kalian punya pilihan lain dengan background Pemukiman Musi Bercorak. Instagramable? Banget!

By the way nih, yang membedakan Permukiman Musi Bercorak dengan Kampung Warna Warni di daerah lain, tentuny di Palembang lebih menarik. Sebab berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng Muto Besak (BKB). Bahkan sebentar lagi bakal tuntas tuh pemasangan Tugu Belido yang sekarang lagi dipercantik.

“Kita lebih menarik karena pengecatan dilakukan bukan pada rumah di tanah, tapi kita rumah rakit dan bertiang tapi di atas air juga dekat Jembatan Ampera,” katanya.

(Teks dan Foto : Tria/SS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *