Penghasilan bulanan gede tapi tabungan itu-itu aja?Ini tipsnya!

Penghasilan bulanan gede tapi tabungan itu-itu aja?Ini tipsnya!

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Penghasilan bulanan lumayan gede tapi masih aja pas-pasan? Kayaknya ada yang salah sama kebiasaan kamu deh. Gak percaya? Iya, kebiasaan sehari-hari ternyata mempengaruhi boros enggaknya kamu lho. Gak percaya? Simak deh, tips supaya penghasilan atau gaji kamu bisa ditabung lebih banyak!

Pertama, pilih moda transportasi sesuai kebutuhan. Hal ini tergantung pada lokasi di mana kamu tinggal. Kalo rumah memiliki jarak cukup jauh dari kantor, pertimbangkan menggunakan transportasi umum yang relatif murah dong, seperti kereta commuter line atau busway. Kalo memilih transportasi online, pertimbangkan juga tarifnya ya, apalagi kalo bolak-balik.

Kedua, hindari jajan kopi. Ini nih, yang mungkin akan sulit, terutama kalo kamu sudah terbiasa ngopi setiap hari. Tetapi pengeluaran-pengeluaran kecil seperti jajan kopi dan jajanan kekinian lainnya, bisa diakumulasikan totalnya menjadi besar lho. Contohnya, kalo ngopi, biasanya kan didampingi sama cemilan lain seperti donat, kentang goreng, atau bahkan nasi goreng. Apalagi kalo ngopinya dimalam hari. Betul kan?

Ketiga, bawa botol minum sendiri. Investasikan uang kamu untuk membeli botol air minum berkualitas tinggi, sehingga aman untuk dipakai ulang. So, kamu bisa mengisinya sebelum bepergian. Selain menghemat uang, juga ramah lingkungan. Kalo kamu pekerja yang berada diruangan ber-AC, gak ada salahnya juga kalo kamu beli termos kecil, yang berguna banget buat nyimpen kopi atau teh hangatnya kamu.

Keempat, buat daftar belanjaan dong! Atur dengan cermat yang harus dibeli selama sebulan ya. Buat daftar belanja dan disiplin hanya membeli yang dibutuhkan. Misal, buat beli kosmetik, belilah yang memang dipake, bukan dibeli hanya karena mau coba-coba. Begitu juga kalo mau beli produk fashion.

Kelima, cari diskonan. Iya, jangan gengsi memanfaatkan kupon diskon, cashback, atau promo dari bank penerbit kartu kredit. Kalo kebetulan ada program diskon untuk barang yang dibutuhkan, kenapa gak? Biasanya, banyak banget diskon dari produk fashion di distro atau retail, apalagi menjelang akhir bulan atau tanggal tertentu.

Terakhir, cari kegiatan rileksasi gratis. Bersenang-senang agar suasana hati selalu rileks memang perlu dilakukan. Tapi, kita bisa memilih kegiatan yang gak perlu mengeluarkan uang banyak. Misalnya, mengunjungi taman kota, museum, atau wisata alam, misalnya air terjun atau kebun teh, yang tentunya masih bisa dijangkau dengan transportasi yang hemat ya. Selain tiket masuk yang relatif murah, relaksasi ke destinasi liburan seperti ini bisa membuat diri lebih fresh pas masuk kerja, apalagi kalo memanfaatkan weekend-nya kamu bareng keluarga.

Eits, tips ini bukan berarti nyuruh kamu jadi sosok yang pelit ya, karena hemat bukan berarti harus pelit, apalagi sama diri sendiri. Yuk, berhemat dari sekarang, biar nominal tabungan terus nambah!

(Teks dan Foto : RuL/NET/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *