Pengusaha pempek optimis bisa kirim keluar negeri. Ada ide?

Pengusaha pempek optimis bisa kirim keluar negeri. Ada ide?

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Para pengusaha pempek se-kota Palembang lagi nyari solusi nih, gimana caranya supaya pempek bisa dikenal dunia. Seperti yang kita tahu ya, pempek paling lama bertahan hingga 3 hari aja. So, untuk ngirim pempek ke luar negeri, ya masih bingung kan!

Ini diungkapkan Yeni, owner Pempek Cek Molek yang udah dikenal banget itu. Katanya, ia sangat antusias karena Pemerintah udah mendorong banget buat pempek bisa go internasional.

“Ini yang masih kita cari solusinya ya, biar tahan berbulan-bulan tanpa pengawet kimia. Termasuk juga bahan baku, seperti ikan yang masih fresh,” kata dia, saat menghadiri pertemuan dengan 160 pengusaha pempek di Kota Palembang, Jumat (8/9), di kediaman rumah dinas Walikota Palembang.

Hei.. Pertemuan apa sih yang dimaksud? Oh ternyata, ratusan pengusaha pempek ini dikumpulin sama Walikota Palembang, Harnojoyo, guna berdialog dengan Walikota Palembang Harnojoyo, bagaimana agar makanan khas Palembang ini bisa go internasional dan dikenal sampai ke mancanegara.

“Kita targetkan pempek bisa go internasional, lebih mendunia. Gak hanya dikenal di Nusantara saja, akan tetapi bahkan bisa sampe ke Eropa. Kalo bisa di tahun 2030 pempek ini sudah mendunia,” kata Harnojoyo antusias.

Harnojoyo juga bilang, Pemkot Palembang akan mencoba membantu memfasilitasi bagi pengusaha pempek yang ingin membuka toko pempek di luar negeri. Hal ini gak lain karena telah adanya pembicaraan sebelumnya dengan Staff Ahli Presiden Republik Indonesia, yang bersedia untuk memfasilitasi keinginan dari pengusaha pempek tersebut.

Hanya saja, saat ini memang masih akan dibahas lebih lanjut lagi mengenai hal tersebut. Pasalnya saat ini memang sudah ada pengusaha pempek yang mengirimkan penganan pempek ini ke luar negeri, namun masih secara individu.

“Kita akan bahas lagi lebih lanjut, bagaimana mekanismenya seperti perijinannya, supaya gak di persulit. Apalagi makanan pempek ini masuk di tiga besar makanan yang paling disukai,” jelas Harnojoyo.

Karena itu, Harno juga meminta kepada para pengusaha pempek ini agar terus berinovasi dengan makanan yang berbahan dasar ikan ini. Mengingat makanan tersebut gak bisa bertahan lama.

“Teruslah berinovasi, bagaimana agar makanan ini sesuai bisa mengikuti tren zaman saat ini dan sesuai dengan keinginan para pembeli, terutama warga negara asing,” harapnya.

Sementara Sultan, owner Pempek Wawa mengusulkan adanya asosiasi, yang dinilai sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dunia dalam ekspor pempek. Asosiasi itu nantinya bisa berbagi tugas memproduksi jenis-jenis pempek ke negara tujuan. “Apalagi sudah kontrak dengan negara luar, kalo gak bisa memenuhi permintaan jelas kena pinalti, kita yang rugi. Kalau berbagi tugas berapa ton pun pasti siap diproduksi,” tegasnya.

Wah, bener juga ya? Yuk dorong pengusaha lokal supaya bisa go internasional dengan pempek!

(Teks dan Foto : Judo/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *