Punya kulit sensitif? ini cara memilih krim yang baik

Punya kulit sensitif? ini cara memilih krim yang baik

0

Punya kulit sensitif, emang gampang-gampang susah ya. Merawat kulit sensitif memang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Pasalnya, kalo gak hati-hati memilih produk, kulit sensitif rentan berjerawat dan meradang — kulit memerah, kering bersisik, mengelupas, bahkan gatal-gatal. Makanya, yuk kenali kulit sensitifmu, supaya gak salah pilih produk pendukung. 

1. Cari bahan aktif retinol

Krim wajah yang mengandung gliserin adalah pilihan yang lebih tepat untuk kulit sensitif daripada yang mengandung lanolin, karena lebih jarang menimbulkan reaksi alergi. Agar kulit sensitif terlihat muda, cari produk yang mengandung bahan aktif retinol ya.

Lain lagi kalo kulit kamu rentan berjerawat, jauh-jauh deh dari produk yang mengandung isopropil miristat dan minyak kelapa. Minyak kelapa sering disembunyikan dengan nama yang berbeda, seperti sodium laureth sulfate (SLS).

Kalo produk tertentu membuat kulit kamu terasa panas menyengat maka hindari asam laktat, asam glikolat, asam azelaic atau benzyl alcohol. Dan kalo kamu mengalami ruam gatal, carilah formula yang bebas setil alkohol dan paraben.


2.Pilih produk bebas pewangi

Kalo milih cream untuk kulit sensitif, ada dua kata kunci. Pertama, cari yang berlabel hypoallergenic alias minim potensi menimbulkan alergi, dan yang kedua, bebas aroma.


3. Mengandung tabir surya

Melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari yang berbahaya adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit sensitif tetap sehat. So, beli krim wajah bebas minyak dan bebas aroma yang mengandung tabir surya UVA/UVB setidaknya ber-SPF 30.

Bahan tabir surya yang wajib ada dalam cream wajah untuk kulit sensitif adalah titanium dioxide dan zinc oxide, tapi hindari avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. Ketiga bahan terakhir ini tergolong aman untuk kulit wajah normal, tapi berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah sensitif.


4. Kekentalan tekstur cream

Girls, kalo kulit sensitif kamu cenderung gatal atau kering, pilih krim wajah yang bertekstur kental, tebal mirip salep (tapi gak terasa berat, berminyak, atau lengket) dan mengandung asam hyaluronic dan dimethicone untuk mengunci lebih banyak kelembapan di dalam kulit.

Krim wajah yang mengandung bahan-bahan seperti teh hijau, sunflower oil, ekstrak chamomile, dan vitamin C dapat membantu menenangkan iritasi kemerahan di kulit lho.


Inget ya, rawatlah kulit kamu sesuai kebutuhan, bukan memilih produk karena merk atau harganya yang murah.


Sumber : Hello Sehat


(Teks dan Foto : RuL/IST/17).

Your email address will not be published. Required fields are marked *