Rapat Paripurna XLII Bahas 6 Raperda Gubernur Sumsel

Rapat Paripurna XLII Bahas 6 Raperda Gubernur Sumsel

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Paripurna XLII (42) dengan agenda Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Provinsi Sumsel Terhadap Raperda Provinsi Sumsel yang digelar di Ruang Rapat DPRD Provinsi Sumsel, Selasa (6/3/2018) di Palembang.

Rapat yang di buka langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Yansuri S.Ip dan di hadiri oleh Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar. Pandangan umum beberapa fraksi  terhadap enam Raperda yang telah diajukan oleh Gubernur Sumsel pada rapat sebelumnya.

Adapun Enam Raperda tersebut yakni :

  • Pertama tentang perubahan perda Nomor 12 tahun 2017 tentang perubahan bentuk badan hukum Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi menjadi Perseroan Terbatas Sumatera Selatan Energi Gemilang.
  • Kedua yakni mengenai Raperda tentang Perubahan Ketiga atas Peda Nomor 3 Tahun 2009 tentang program sekolah gratis.
  • Ketiga mengenai rancangan perda tentang perubahan kelima atas Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang retribusi Jasa Usaha.
  • Keempat yaitu mengenai Raperda tentang pengelolaan barang milik pemerintah Provinsi Sumsel.
  • Kelima mengenai Rancangan Perda tentang Fasilitas dan Kemudahan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kawasan Ekonomi Khusus TAA.
  • Dan yang keenam mengenai Raperda tentang perubahan Perda Nomor 17 Tahun 2010 tentang tugas belajar dan bea siswa.

 

Rapat Paripurna DPRD

Rapat Paripurna DPRD

Wakil Ketua DPRD Sumsel Muhammad Yansuri menyampaikan, pada masa sidang paripurna yang dilaksanakan tersebut telah didengarkan berupa pandangan serta masukan atau keberatan terhadap poin-poin raperda yang diajukan oleh pemerintah sumsel pada masa sidang sebelumnya.

Menurutnya, yang disoroti fraksi adalah mengenai skolah gratis, lalu tentang perubahan perda Nomor 12 tahun 2017 tentang perubahan bentuk badan hukum Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi menjadi Perseroan Terbatas Sumatera Selatan Energi Gemilang, serta beberapa poin lainnya, baik peningkatan kesejahteraan hingga masalah retribusi.

Ia menegaskan secara umum fraksi meminta ada rincian yang lebih detail dari beberap raperda yang diusulkan, dan laporan progress dari program sebelumnya yang telah dilakukan oleh pemerintah Sumsel.

“ Ini merupakan rapat mendengarkan tanggapan tingkat pertama yang diberikan kepada fraksi, mengenai raperda yang telah disampaikan penjelasan oleh Bapak Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada rapat sebelumnya,” ungkap Muhammad Yansuri.

Pada prinsipnya secara umum fraksi juga mengapresiasi kinerja selama ini meski DPRD sendiri mendorong seperti hal-hal yang menyangkut sekolah gratis tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan, karen program tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat.

Rapat Paripurna DPRD

Rapat Paripurna DPRD

“Selain itu hal lain yang juga disinggung ada persiapan menghadapi event Asian Games ke-18 tahun 2018 yang tinggal hitungan hari, kami mendorong agar persiapan pembangunan infrastruktur Asian Games bisa terslesaikan tepat waktu,”Jelasnya.

Ditambahkannya dalam rapat paripurna kali ini juga pihak DPRD Sumsel juga mendorong upaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas kegiatan usaha BUMD, percepatan penyelenggaraan operasional KEK TAA serta  tamengoptimalkan objek-objek penerimaan daerah sesuai kewenangan pemprov Sumsel.

“Ini semua kita harapkan dapat berdampak luas terhadap pemeritah maupun terhadap upaya mencapai kesejahteraan bagi masyarakat Sumsel,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd menyampaikan terkait dengan beberapa poin yang diusulkan fraksi mengenai pendidikan gratis dan peningkatan mutu sekolah yang berlabel gratis, akan segera dilakukan koordinasi denagnpihak terkait.

“Soalnya SD,SMP itu saat ini ada di kabupaten/kota, namununtuk SMA- SMK karen kewenangan ada tingkat provinsi itu tentu akan lebih muda untuk di koordiasikan,” tuturnya usai mengkuiti Rapat Paripurna. (adv)

Your email address will not be published. Required fields are marked *