Salut, Pak Polisi ini ubah bentor menjadi perpustakaan keliling

Salut, Pak Polisi ini ubah bentor menjadi perpustakaan keliling

0

Seputarsumsel.com- Oku Selatan,
Selain membantu masyarakat, ternyata aparat kepolisian juga bisa berkreatifitas lho, bahkan mampu mewujudkan ide kreatif yang bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat itu pula. Seperti halnya anggota polisi dari Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan ini nih, yakni Bripka Joni Albert. Bripka Joni ternyata memiliki segudang prestasi dan berbagai macam ide-ide kreatif serta inovatif selalu ia gagas demi kemajuan daerah di mana tempat ia bertugas.

Karena kepeduliannya terhadap sarana penyebaran informasi dan dunia pendidikan, dirinya mendirikan stasiun radio yang di berinama Radio Osela. Gak cuma sekedar itu, ia ternyata juga tercatat sebagai pendiri sekolah Taruna Nusantara. Selain itu, dirinya juga mendirikan rumah bhabinkamtibmas, yang diperuntukkan untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, melalui jalur musyawarah dan kekeluargaan.

Berkat kepeduliannya dalam membangun daerah di mana dia bertugas, membuatnya acapkali menerima berbagai macam penghargaan lho, termasuk penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian pernah ia raih.

Buat perpustakaan keliling pake bentor

Bripka Joni Albert, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Albert ini, kesehariannya bertugas di Satuan Bimbingan Masyarakat (Sat Binmas) Polres OKU Selatan. Suami dari Uliyati Liska ini merupakan lulusan SPN Polda Sumsel Dik Tukba Polri Gel II Ta. 2004, leting 25 (ZedStp Nusantara). Ia seakan gak pernah puas dengan apa yang dilakukannya. Kali ini, ia berupaya untuk bisa lebih dekat dan lebih nyata lagi menyentuh masyarakat hingga ke pelosok-pelosok dengan membuat perpustakaan keliling.

Bukan mobil mewah ataupun kendaraan yang baru, melainkan bentor rongsok yang sudah usang, dia sulap dan dimodifikasi menjadi perpustakaan keliling yang diperuntukan bagi masyarakat dan pelajar.

Berbagai buku tersedia diperpustakaan keliling miliknya, dari buku pelajaran sekolah hingga buku-buku cerita anak. Masyarakat yang ingin membaca di perpustakaan keliling miliknya, semua ia berikan secara cuma-cuma, alias gratis.

“Gak ada syarat khusus, masyarakat cukup menjaga atau gak merusak buku yang dibaca. Jika telah selesai dibaca segera dikembalikan,” ujar Bripka Joni.

Ketika ditanya apa yang melatarbelakangi dirinya sehingga timbul ide untuk membuat perpustakaan keliling, ayah dari empat anak ini mengatakan, di OKU Selatan masih sangat minim dan sangat susah untuk mendapatkan buku, apa lagi buku-buku pelajaran. So, karena sulitnya untuk memperoleh buku-buku pelajaran, dirinya mencari cara dengan membuat perpustakaan keliling.

Dengan adanya perpustakaan keliling ini, dirinya bisa dengan mudah menjangkau masyarakat hingga ke pelosok-pelosok. Dengan ikhlas ia akan mendatangi masyarakat sehingga minat baca masyarakat akan tumbuh dengan sendirinya.

Selain itu, melalui kreatifitasnya Bripka Joni Albert berharap masyarakat ingin mengenal dan mengetahui bahwa tugas polisi itu merupakan tugas yang mulia dan tidak seburuk apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat selama ini sehingga menjadi momok yang harus dijauhi. Tetap sehat dan berkah selalu untuk Pak polisi pengayom masyarakat!

Your email address will not be published. Required fields are marked *