Satu dari tiga tersangka pembakar hutan dinyatakan P21

Satu dari tiga tersangka pembakar hutan dinyatakan P21

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Karhutla, emang bakal terus menjadi momok menakutkan, sepanjang gak ada kesadaran dari para pembakar hutan. Makanya, pemerintah bener-bener menindak tegas para pembakar ini lho. Buktinya, sebanyak tiga tersangka yang merupakan petani, ditangkap karena melakukan pembakar hutan. Bahkan, salah satu tersangka telah dinyatakan lengkap dokumen pembuktian atau P21. Good job!

Kabag Pembinaan Pelatihan Operasional (Binlatops) Polda Sumsel, AKBP Adi Herpaus mengatakan, satu orang yang dinyatakan P21 ini karena membakar lahan di daerah Ogan Komering Ilir (OKI) dan dua tersangka lainnya ditangkap di Ogan Ilir. “Mereka ini ditangkap terpisah, karena ada satu di OKI dan dua di Ogan Ilir,” katanya, usai rapat koordinasi pencegahan karhutla di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Palembang, Selasa (8/8).

Penangkapan yang dilakukan ini berdasarkan informasi warga, dan kemudian pihaknya melakukan penyelidikan dan akhirnya ditangkap dengan barang bukti korek api dan dirigen. Dalam pemeriksaan, ketiga tersangka ini udah ngaku tuh, melakukan pembakaran di lahan mereka sendiri. Namun, pihaknya belum dapat memastikan apakah lahan itu memang benar milik mereka atau milik perusahaan. “Saat ini kami belum bisa membuktikannya, apakah memang benar lahan mereka atau bukan,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan sejauh ini pihaknya belum menerima laporan berapa total luasan lahan yang terbakar akibat Karhutla. Namun, hal itu bukan persoalan karena pihaknya fokus pada pemadaman dahulu. “Kami fokus sama pemadaman dulu, mungkin nantinya baru dihitung luasan lahan yang terbakar ini,” katanya.

Nah, sejauh ini, hotspot yang terpantau di Sumsel sebanyak tiga titik yakni di Ogan Komering Ulu satu titik dan di Musi Rawas Utara (Muratara) sebanyak dua titik. Pihaknya juga menyiagakan 4 helikopter jika nantinya terjadi karhutlah kembali.

“Untuk hari ini kondisi masih baik ya, terlebih lagi turunnya hujan sehingga mampu meminimalisir terjadinya karhutla. Tapi, kami tetap waspada jika adanya karhutla dan akan langsung menerjunkan helikopter untuk melakukan waterboombing,” pungkasnya. Tindak tegas semua pembakar lahan ya Pak!

(Teks dan Foto : RuL/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *