Seperti ini nih, kesiapan KAI Divre III Palembang hadapi arus mudik 2017

Seperti ini nih, kesiapan KAI Divre III Palembang hadapi arus mudik 2017

0

Seputarsumsel.com – Palembang,
Ngomongin lebaran, pasti langsung keinget sama yang namanya mudik. Hayoo, siapa yang udah rindu kampung halaman? Mudik dong! Gak seru kan, kalo lebaran kali ini gak bisa nyicipin ketupat terenak didunia buatan ibu? Hihihi…

Nah, yang namanya musim mudik, pasti riweh banget ya. Mulai dari antrian yang gak ada habisnya, sampe berebut tiket mudik yang seringkali habis di hari-hari terakhir menjelang lebaran. Makanya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang Sumatera Selatan mengadakan gelar pasukan di halaman Stasiun Besar Kertapati, terkait dengan dimulainya masa angkutan lebaran ini, Kamis (15/6).

Sebanyak 374 personel keamanan gabungan dari POM TNI, Brimob, Polsuska dan Security/ Satpam, diterjunkan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang nih. Tercatat, masa angkutan lebaran tahun ini dilangsungkan selama 27 hari lho, dimulai 15 Juni sampai 11 Juli 2017. Selama itu, untuk lebih meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan KA, PT KAI Divre III juga menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga), di sejumlah titik yang rawan bencana longsor/amblas dan banjir terutama menjelang arus mudik dan arus balik.

Masih ada lagi nih, PT KAI Divre III juga menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas flying gang (regu terbang/siaga). So, dengan berbagai pengamanan tersebut, diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik, dengan menyiapkan kehandalan sarana, prasarana, SDM dan unit pendukung lainnya.

Nah, kalo udah aman, soal harga tiket gimana ya? Aman gak nih murahnya? Hehehe… Andika Tri Putranto Kepala Divre III  bilang, gak ada kenaikan harga tiket lho, karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis, PT KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas, sedangkan kereta ekonomi tetap mengacu skema PSO dari pemerintah.

“Kalo untuk saat ini, kereta kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat ya, karena selain harganya terjangkau, penumpang juga merasa nyaman, dilengkapi fasilitas ac, gak ada penumpang yang merokok di dalam kereta dan kemudahan dalam membeli tiket,” ungkapnya.

Untuk menyukseskan angkutan Lebaran 2017 PT KAI Divisi Regional (Divre) III memaksimalkan setiap unit untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menyiapkan kehandalan sarana, prasarana, SDM dan unit pendukung lainnya. PT KAI Divre III juga menyediakan 72.954 tempat duduk, dengan 2.702 tempat duduk perharinya untuk relasi Kertapati-Tanjungkarang, Kertapati-Lubuklinggau pulang pergi (PP) dan semua kelas.

Perusahaan juga mengimbau kepada calon penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan membawa barang bawaan berlebihan, karena untuk kenyamanan penumpang ada ketentuan harus diperhatikan penumpang, yaitu terkait berat barang bawaan membatasi masing-masing penumpang maksimal 20 kg atau dimensi barang tidak lebih dari 100 dm3 (70x48x30 cm), karena apabila terjadi kelebihan bagasi, masing-masing penumpang akan dikenakan biaya angkut tambahan.

Dan berhubung teknologi udah maju banget, buat kamu yang udah megang tiket mudik, PT KAI udah buka layanan Check In Mandiri bagi calon penumpang yang sudah memesan tiket melalui transaksi online.

Dan enaknya lagi, kalo kamu males antri di hari keberangkatan, kamu bisa check sejak tujuh hari menjelang keberangkatan (H-7), dan pemesanan secara online masih dapat dilakukan 6 jam sebelum jadwal keberangkatan lho. Tapi dengan catatan kalo tiket masih tersedia ya. So, mau mudik kemana kamu? Inget, jangan lupa bawa oleh-oleh!

(Teks dan Foto : Nanda Nasrullah/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *