Tim Penilai Kemendagri Cek Inovasi Bios 44

Tim Penilai Kemendagri Cek Inovasi Bios 44

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Tim penilai dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Balitbang Kemendagri) menindaklanjuti presentasi Gubernur Sumsel dalam ajang Pemerintah Daerah Inovatif / Innovative Government Award (IGA) 2017 yang dipimpin oleh Plt. Kaban Litbang Kemendagri RI, Drs. Doddy Riadmaji, M.M. melakukan kunjungan ke Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Selasa (21/11).

Kunjungan rombongan diterima oleh Kasrem 044/Gapo Letkol Inf Mohammad Sjahroni, S.E. di ruang Yudha Makorem 044/Gapo. Dalam presentasinya Kasrem 044/Gapo menjelaskan tentang hasil inovasi Korem 044/Gapo berupa Bios 44 dan Nusantara Gapo 44 dihadapan rombongan.

Dalam penjelasannya Kasrem 044/Gapo menyampaikan, bahwa “Bios 44 merupakan agen hayati dari gabungan simbiosis mutualisme antar mikro organisme dan berfungsi untuk mempercepat terjadinya pembusukan materiil organik lahan gambut, sekaligus melembabkan serta menutup rongga gambut dengan hifa atau sejenis lendir yang dihasilkan oleh mikroorganisme dalam larutan yang sudah diformulasi,” urainya.

Lebih lanjut Kasrem 044/Gapo menyampaikan, “Selain digunakan untuk mengatasi Karhutla, Bios 44 ini juga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan hasil produktifitas di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan penyuburan tanah/lahan bekas tambang. Sedangkan Nusantara Gapo 44 merupakan teknologi pemadaman api ramah lingkungan serta memiliki efisiensi tercepat dalam pemadaman api yang sedang menyala, dengan kelebihan tidak membutuhkan air yang banyak dan tempat yang ringkas,” beber Kasrem.

Salah satu anggota tim, Dr. Rochayati Basra, M.Pd. Kepala Pusat Standarisasi dan Sertifikasi BPSDM Kandagri RI, menjelaskan penilaian yang dilakukan tersebut dengan memperhatikan beberapa kriteria yang memenuhi syarat sebagai inovasi daerah. Hal tersebut diantaranya mengandung unsur pembaharuan, memberi manfaat, tidak membebani masyarakat, serta dapat direplikasi. “Kami justru ingin cek validasi dengan melihat kenyataan yang asli di Sumsel yang ada di Korem 044/Gapo, dalam pengertian bahwa hal-hal yang sudah dipaparkan Gubernur, kami ingin melihat bagaimana konteksnya di lapangan secara nyata,” ungkapnya.

Untuk lebih dapat melihat secara langsung, tim penilai beserta rombongan diajak menyaksikan film tentang penggunaan Bios 44 dan Nusantara Gapo 44 dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Provinsi Sumsel, serta meninjau langsung kolam pembiakan Bios 44 dan demontrasi pemadaman api dengan menggunakan Nusantara Gapo 44 yang dilaksanakan di lapangan Makorem 044/Gapo.

Setelah menerima presentasi dari Kasrem 044/Gapo Letkol Inf Mohammad Sjahroni, S.E. dan melihat langsung penggunaan Bios 44 dan kolam pembiakan Bios 44 serta melihat demonstrasi pemadaman api menggunakan Nusantara Gapo 44, tim penilai Pemerintah Daerah Inovatif / Innovative Government Award (IGA) 2017 merasa kagum dan gembira, dimana prajurit TNI dari satuan Korem 044/Gapo dapat membuat inovasi yang begitu bermanfaat bagi masyarakat yang belum ditemukan oleh ahli manapun di negara ini.

“Sangat bagus sekali Bios 44 ini, ini harus segera dipatenkan agar tidak ditiru orang lain, karena ini hasil inovasi anak Bangsa dan harus segera diperbanyak agar daerah lain juga dapat memanfaatkan,” tegas Drs. Doddy Riadmaji, M.M.

Your email address will not be published. Required fields are marked *