Tingkatkan kunjungan wisata, Palembang berbenah

Tingkatkan kunjungan wisata, Palembang berbenah

0

Seputarsumsel.com- Palembang,
Kota Palembang terus bersolek. Kota ini pun kembali ditata mulai dari revitalisasi pasar tradisional, normalisasi anak sungai, pengecatan bangunan di sepanjang jalan protokol, penataan kawasan kumuh, hingga penambahan fasilitas umum merupakan deretan panjang program Pemerintah Kota Palembang untuk menuju kota bertaraf internasional.

Gak heran kalo Dinas Pariwisata Kota Palembang menaikkan target kunjungan wisatawan. Hingga akhir tahun ini, diharapkan wisatawan bisa menembus diangka 12 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 2,1 juta wisatawan nusantara (wisnus).

“Target ini jauh lebih kecil di bandingkan dengan daerah yang maju wisatanya, seperti Bali. Kalau target ini tercapai bisa kita naikkan lagi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani baru-baru ini.

Ia optimis, apalagi Palembang sering banget ngadain acara bertaraf nasional dan internasional. Dalam waktu dekat, di Palembang bakal digelar Sriwijaya Expo 2017 dalam rangka hari jadi Sumsel ke-7 dan Road to Asean Games 2018.

“Biar wisatawan makin betah, rencananya bakal dibangun home stay di tepian Sungai Musi. Menginap sambil menikmati pemandangan sungai Musi dengan lalu lalang kapal, riak air, dan semilir angin. Menarik, kan?,” ucap Isnaini.

Selain itu, perlu menambahan fasilitas pendukung di lokasi wisata, antara lain, papan petunjuk arah,toko souvenir, fasilitas pendukung sebagai wisata halal, hingga jaminan keamanan. “Kalau di Bali ada istilah pecalang, di Palembang akan ada hulubalang sebagai tenaga keamanan yang kita rekrutment dari masyarakat sekitar daerah wisata swakelola yang belum bekerja. Untuk daerah wisata dikelola pemerintah, disiapkan Pol-PP wisata, dengan seragam khusus dan dibekali keterampilan khusus, seperti bahasa asing, dan publik speaking,” ujarnya.

“Palembang terkenal dengan wisata sungai  beberapa destinasi wisata andalan yakni Benteng Kuto Besak (BKB) termasuk jembatan Ampera dan sekitarnya, Kampung Kapitan, Kampung Al-Munawar, Bukit Siguntang, Pulau Kemaro.

“Untuk destinasi wisata sejarah dan budaya, diantaranya, Kawang Tengkurep, Kampung Firma, Kampung Sungai Lumpur, Kampung Kain Tuan Kentang. Serta destinasi wisata olahraga, Palembang punya Jakabaring Sport City bertaraf internasional,” sebutnya.

Nah, buat traveller sejati, singgahlah kemari, menikmati sensasi bekunjung ke kota tertua di Indonesia ini. ditunggu kedatangannya, guys! (Ratih/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *