Tugas utama Bupati OI baru, pantau titik api

Tugas utama Bupati OI baru, pantau titik api

0

Seputarsumsel.com-Ogan Ilir,
Meski hari ini, di kawasan Ogan Ilir masih ada titik api yang melahap ratusan hektare lahan, tapi ternyata hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu banget buat warga Ogan Ilir lho. Betapa tidak, setelah setahun lebih menunggu, akhirnya Ilyas Panji Alam resmi di lantik Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin menjadi Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) masa sisa waktu tahun 2016-2021. Pelantikan ini sendiri digelar di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (7/8). Fiuh.. akhirnya ya!

Dalam kata sambutannya, Alex Noerdin menyampaikan, dengan dilantiknya Ilyas Panji, persoalan polemik untuk Bupati OI udah dianggap selesai lho, dan dirinya memberikan kesempatan kepada Ilyas untuk membangun OI. “Soal polemik bupati OI saya anggap selesai, dan sekarang berikan kesempatan untuk Ilyas bisa membangun daerah. Dan untuk Wakil Bupati biarlah nanti kami yang memikirkan,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga langsung membahas permasalahan kebakaran hutan di Ogan Ilir nih. Duh.. deg-degan pastinya ya. Kita tahu, pada Sabtu (5/8) lalu sekitar jam 4 sampe jam 6 sore, titik api terlihat di Kecamatan Pemulutan Barat di Desa Arisan Jaya. Nah lho!

Ia menyebutkan, ada enam titik lahan yang terjadi kebakaran. Oleh karena itu, ada tiga helikopter dikerahkan dan sebanyak 147 kali waterbombing diterjunkan oleh Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Ogan Ilir, Manggala Agni dan lain sebagainya.

Sayangnya, sampe hari Minggu, masih terdapat 17 titik api yang belum bisa dipadamkan, meski sudah dilakukan 215 kali waterbombing. “Hari ini ada 34 hotspot, makanya saya perintahkan bupati untuk memberikan perintah kepada camat dan kades, untuk gak boleh meninggal tempat bahkan ke Indralaya sekalipun kalo gak penting. Jaga daerah masing masing, aktifkan desa peduli api yang sudah dibentuk. Musim panas sampai tanggal 2 September,”ungkapnya.

Menurut Alex ini, persoalan Karhutla ini harus dilakukan tindakan tegas, dengan cara membuat surat intruksi dari Bupati kepada semua pemilik lahan. Kalo gak di penuhi dan gak terdata, untuk dilaporkan ke pihak kecamatan setempat masing-masing.

“Jika pemilik lahan gak melapor kita akan sita untuk negara, bayangkan ribuan tentara sudah dilibatkan. Baru kebakaran Ogan Ilir saja. Bayangkan api itu membesar. Mudah-mudahan api itu padam. Kita gak main-main” ujar Alex.

Untuk itu, ia menegaskan kepada Bupati OI yang baru dilantik, Ilyas Panji bahwa pulang dari pelantikan Bupati harus meninjau langsung ke lokasi kebakaran hutan.

(Teks dan Foto : RuL/HMS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *