Wah.. Bakal Ada Waduk Raksasa di Palembang

Wah.. Bakal Ada Waduk Raksasa di Palembang

0

Seputarsumsel.com-Palembang,
Guys, tiap hari mandi baru-bur aja, kran sering lupa matiin airnya ampe tumpah-tumpah, boros pake air pokoknya. Kalo ternyata cadangan air bersih mulai menipis, gimana dong? Gawat kan?

Untuk itu, mulai sekarang kudu hemat air, selain mubazir itu temannya setan, ternyata warga Palembang gak bisa selamanya mengandalkan Sungai Musi. Selama ini oleh PDAM, air Sungai Musi disaring jadi supaya bersih untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Palembang.

Keberadaan Sungai Musi dengan gagah membelah Kota Palembang merupkan deyut nadi kota berikon Jembatan Ampera itu. Namun, akibat prilaku manusia gak sayang dengan alam, sungai ini udah tercermar dan kotor, bahkan intrusi air laut udah nyampe ke Benteng Kuto Besak (BKB). Gak mau kan masak pake air asin.

Selain itu resiko pendangkalan sungai pun bisa terjadi loh. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini tengah merencanakan pembangunan waduk raksasa di kawasan Tanjung Barangan. Pembangunan waduk ini nantinya sebagai tempat cadangan kebutuhan air baku untuk warga Kota Palembang.

“Kita memang telah berencana untuk membuat waduk demi mencukupi kebutuhan air baku di Kota Palembang,” kata Walikota Palembang, Harnojoyo, Minggu (16/7).

Seperti penjelasan di atas, proyek waduk ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Palembang yang semakin banyak seiring meningkatnya jumlah penduduk. Selain itu emang gak bisa untuk selamanya mengantungkan pada Suangai Musi.

“Ini persiapan saja. Siapa yang tahu kalau beberapa waktu yang akan datang Sungai Musi akan seperti kejadian di Sungai Mahakam yang mengalami pe dangkalan. Kalo dihitung kebutuhan air bersih di Palembang saja mencapai 800.000 tangki air perharinya, sementara selama ini kita hanya bergantung pada Sungai Musi saja, oleh karena itu perlu adanya waduk untuk mencukupi itu,” jelasnya.

Adapun progress proyek ini, dijelaskan Harno sedang dalam tahap Detail Engineering Design (DED) di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII di Jakarta Pusat. “Belum kita targetkan kapan akan dimulai pembangunannya. Yang jelas saat ini proses sedang berjalan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bappeda dan Litbang Pemkot Palembang, M Sapri Nungcik menambahkan, luas lahan yang diperuntukkan dalam pembangunan ini sekitar 100 Hektar. Dimana lahan tersebut juga sudah siap.

“Lahannya sudah siap. Ini juga berkaitan dengan sungai Lambedaro yang ada di Kecamatan Gandus yang juga berhubungan dengan Sekanak nantinya, kemudian ada juga Waduk ini. Begitu rinciannya jadi memang harus dipandang dengan sistem perairannya,” katanya.

(Teks dan Foto: Ratih/IST/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *