Muba ajak warga antisipasi Karhutla

Muba ajak warga antisipasi Karhutla

0

Seputarsumsel.com-Muba,
Jelang penyelenggaraan Asian Games Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan langsung jor joran mencanangin zero api dan asap. Orang nomer satu di provinsi ini pun sudah wanti wanti ngingetin semua jajaran buat siaga Karhutla demi terselenggaranya Pesta Olahraga se-Asia ini di Sumsel.

Yes Gaes Gubernur Sumsel Alex Noerdin udah ngeluarin instruksi buat mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah Sumsel. So, semua kabupaten/ kota wajib banget mematuhi instruksi ini!

Lo pasti pernah denger kalo tahun-tahun sebelumnya Sejumlah kabupaten seperti Musi Banyuasin (Muba), Ogan Ilir (OI),dan Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi sorotan karena menjadi daerah penyumbang kabut asap alias asal titik karhutla gaes!.

Yup Muba waktu itu menjadi salah satu kabupaten di Sumsel yang dapet sorotan soal masalah karhutla ini. Oleh karena itu, Pemkab Muba sangat serius persiapin diri buat penanganan masalah ini.

“Jangan ada lagi kebakaran hutan maupun lahan. Sebentar lagi pelaksanaan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Tentu sebagai tuan rumah kita gak ingin kabut asap akibat Karhutla ini menjadi hambatan perhelatan tersebut,” begitu kata Pj Bupati Muba, Yusnin ngingetin semua elemen di Muba pada kunjungan kerjanya di Tungkal Jaya.

Selanjutnya, ia juga ngingetin semua pihak buat melakukan pencegahan lebih dini. Mumpung belum musim kemarau ya gaes, so menurut Pj Bupati Muba ini kalo sudah terjadi kebakaran akan sulit untuk dipadamkan.

Menurutnya, pencegahan adalah upaya yang paling efektif.Liat aja udah ada berbagai usaha yang intensif dalam rangka mencegah karhutla ini, antara lain melakukan sosialisasi, menciptakan Desa Peduli Api, Kelompok Tani Peduli Api, dan membangun posko-posko permanen di wilayah yang rawan api.

“Pencegahan Karhutla ini perlunya kesadaran masyarakat. Dan juga pentingnya peran camat dan tokoh masyarakat, serta harus ada kekompakan dari semua pihak. Untuk itu, camat harus ada di tempat, teruslah komunikasi dengan para kades dan bekerjasamalah dengan Danramil dan Kapolsek”, ujar Yusnin.

(Teks dan Foto : RuL/HMS/17)

Your email address will not be published. Required fields are marked *